Sukses

Situs Resmi KPU Jakarta Timur Diretas Selasa 17 Agustus Malam

Situs resmi KPU Jakarta Timur diretas, Selasa, 17 Agustus 2021 malam. Laman itu oleh peretas yang pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Clan_X7.

Liputan6.com, Jakarta Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur diretas, Selasa, 17 Agustus 2021 malam. Laman itu oleh peretas yang pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Clan_X7.

Peretas mengubah tampilan situs KPU Jakarta Timur dengan menggunakan sebuah gambar karakter anime membawa bendera Merah Putih dengan tulisan, "Indonesia 17 Agustus 2021."

Ketua KPU Jakarta Timur, Wage Wardana, membenarkan peretasan tersebut. 

"Pertama kali diketahui itu semalam ketika saya mau naikin berita sekitar pukul 22.00 WIB. Saya mau naikin aktivitas internal KPU Jakarta Timur, kemudian staf saya bilang website-nya diretas," kata Wage Wardana, seperti dilansir Antara, Jakarta, Rabu (18/8/2021).

Dia mengatakan, akibat peretasan oleh orang tak bertanggung jawab itu, pihaknya tidak dapat menggunakan situs resmi KPU Jakarta Timur.

Menurut dia, peretasan situs KPU Jakarta Timur itu merupakan yang pertama kali dialami.

"Ini baru pertama kali kejadian. Waktu tahun Pemilu 2019 kemarin justru enggak ada. Aman-aman saja," ujar Wage Wardana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Normalisasi

Wage menuturkan, pihaknya tengah mengupayakan normalisasi agar situs KPU Jakarta Timur kembali seperti semula.

"Kami sudah koordinasi untuk normalisasi, tapi sejauh ini masih dalam proses perbaikan. Insyaallah sebentar lagi normal. Tapi sejauh ini belum 100 persen pulih," tutur Wage.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, hingga pukul 14.00 WIB, situs KPU Jakarta Timur www.jakartatimur.kpu.go.id belum dapat diakses seperti semula. Tertulis, "Account Suspended" di laman tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.