Sukses

Peringati Kemerdekaan Indonesia, Pangkalan TNI AL Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut Perbatasan NKRI

Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Tarempa mengibarkan bendera merah putih di dasar laut perbatasan NKRI. Pengibaran bendera itu dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 pada 17 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Tarempa mengibarkan bendera merah putih di dasar laut perbatasan NKRI. Pengibaran bendera itu dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 pada 17 Agustus 2021.

"Upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini sukses diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Tarempa, tidak luput dari sinergitas TNI/Polri dan kerjasama yang baik dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Kabupaten Kepulauan Anambas, serta dukungan dari rekan-rekan penyelam di Anambas yang tergabung dalam Napoleon Anambas Dive Centre," kata Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, Rabu (18/8/2021).

Untuk kedalaman air di sekitar perairan Pulau Baruk dalam mengibarkan bendera merah putih tersebut yakni enam hingga delapan meter.

"Sebelumnya di lapangan apel Lanal Tarempa terlebih dahulu dilaksanakan doa bersama, pemotongan nasi tumpeng, pengecekan kesehatan, tes swab antigen, kemudian setelah dipastikan seluruh peserta dan pendukung dalam kondisi baik, langsung berangkat menuju lokasi upacara menggunakan KAL Pulau Siantan I-4-52," ujarnya.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Yovan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pengibaran bendera di bawah laut tersebut.

"Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah merupakan salah satu wujud dari kecintaan dan pengabdian kita kepada negara tercinta NKRI ditengah masa Pandemi Covid-19, kita masih berupaya dan terbukti mampu memberikan yang terbaik kepada bangsa dengan cara memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia," ungkapnya.

Yovan mengatakan, kegiatan yang dilakukan saat ini tak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan jasa para pahlawan pendahulu kita dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini, mereka sanggup mengorbankan harta, darah, keluarga bahkan nyawa sekalipun.

Dengan adanya kegiatan tersebut ia berharap dapat membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat serta meneruskan cita-cita luhur para pahlawan.

"Sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk meneruskan cita-cita luhur para pahlawan, dengan semangat patriot sejati. Kita harus tunjukkan bahwa kita mampu berbuat, meskipun dihadapkan dengan segala keterbatasan kita di Anambas ini. Asalkan kita tetap menjalin dan menjaga sinergitas kita, saya yakin kita bisa berbuat apa saja, demi kemajuan Kabupaten Kepulauan Anambas," tegasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat Anambas Semakin Dikenal

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas Sahtiar yang mewakili Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas mengaku bangga dengan adanya kegiatan tersebut.

"Saya bangga karena secara langsung bisa ikut serta dalam acara pengibaran bendera di dalam laut, saya berterimakasih atas terselenggaranya acara ini, semoga acara ini dapat menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas semakin dikenal di khalayak umum," ujar Sahtiar.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.