Sukses

Tak Pakai Baju Adat, Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, dan Wapres Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wury Estu Handayani tidak mengenakan baju adat seperti saat upacara detik-detik proklamasi HUT ke-76 RI, Selasa pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian acara Peringatan HUT ke-76 RI di halaman Istana Merdeka selesai, Senin sore (17/8/2021). Hal ini ditandai dengan penurunan Sang Saka Merah Putih oleh tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, upacara penurunan bendera virtual dimulai sekitar pukul 17.00 WIB. Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara tiba di mimbar upacara pukul 17.12 WIB.

Dia didampingi Ibu Negara Iriana, Wapres Ma'ruf Amin, dan Ibu Wury Estu Handayani. Kali ini, baik Jokowi, Ma'ruf, maupun Iriana tak lagi memakai pakaian adat seperti saat Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Selasa pagi tadi.

Pada Upacara Penurunan Bendera, Jokowi hanya memakai setelan jas lengkap berwarna biru dongker, peci, serta masker.

Sementara, saat Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, dia mengenakan pakaian adat Provinsi Lampung, kali ini dia hanya memakai setelan jas lengkap, peci, serta masker.

Adapun Tim Paskibraka Indonesia Tumbuh ditugaskan untuk menurunkan bendera Sang Saka Merah Putih. Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih saat nantinya diturunkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Qyara Maharani Sang Pembawa Baki

Qyara lahir di Jakarta, 18 Desember 2004. Saat ini, dia sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Garut, Jawa Barat.

Tiga orang lainnya dari tim Indonesia Tumbuh yang bertugas untuk menurunkan bendera adalah M. Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Barat. Ada pula Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur, dan Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Komandan Upacara Penurunan Bendera Pusaka adalah Kolonel Inf. Faisol Izuddin Karimi, yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1999. Pria kelahiran Gresik, 22 April 1977 tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Brigif 26/Gurana Piarawaimo Kodam XVIII/Kasuari.

Sementara itu, Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara sore ini. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993. Pria kelahiran Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.

Seperti diketahui, Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Istana digelar secara khidmat, sederhana, dan menerapkan protokol kesehatan. Pihak Istana tidak mengundang masyarakat hadir langsung karena situasi pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.