Sukses

PDIP Gelar Upacara Bendera HUT RI ke-76, Sampaikan Pesan Megawati

Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya hari ini menggelar upacara bendera dalam rangka HUT RI secara hybrid di Sekolah Partai DPP PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya hari ini menggelar upacara bendera dalam rangka HUT RI secara hybrid di Sekolah Partai di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dalam pidato upacara, Hasto menyampaikan pesan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

Hasto sendiri memimpin upacara bendera secara fisik. Turut hadir, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning dan Anggota Fraksi PDIP di DPR, Deddy Yevri Sitorus. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Yoseph Aryo Adhi yang juga Kepala Sekretariat DPP PDIP.

Sementara ratusan kader lainyya mengikuti secara virtual.

"Upacara ini kita laksanakan dengan disiplin, dengan protokol kesehatan. Kita hadirkan simbol-simbol 17 Agustus 1945, di mana jumlah peserta adalah 17 orang, jumlah petugas upacara 8 orang, dan bendera Merah Putih, Sang Saka Dwi Warna yang berkibar di angkasa raya berjumlah 45. Jadi lengkaplah simbol 17/08/19455," kata dia, Selasa (17/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Hasto menyampaikan salam dari Megawati. "Saya sampaikan salam dari Ketua Umum PDI Perjuangan Profesor Doktor Honoris Causa Megawati Soekarnoputri. Beliau menyampaikan salam kepada kita semuanya agar seluruh kader-kader PDI Perjuangan terus pada jalan ideologi Pancasila, terus setia pada UUD 1945, kebhinekaan Indonesia, dan juga kita terus berjuang demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkap dia.

Selain itu, dia juga terus mengingatkan bagaimana proklamator RI Sukarno atau Bung Karno melihat kemerdekaan Indonesia sebagai jembatan emas.

"Di seberang Jembatan Emas itulah kita bangun masyarakat Indonesia, bangun jiwanya dan bangun badannya. Ibu Megawati juga mengingatkan bahwa Indonesia hanya akan berdiri dengan kokoh apabila berani membangun mental dan semangat berdiri di atas kaki sendiri. Berdiri dalam seluruh aspek kehidupan," ungkap Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapkan HUT RI

Menurut Hasto, lewat perayaan HUT kemerdekaan ini, PDI Perjuangan mengajak seluruh komponen bangsa untuk berjuang, membangun tekad dengan penuh rasa percaya diri, membangun kepemimpinan Indonesia di dunia internasional.

Termasuk dengan menempuh jalan modernitas melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sejak Indonesia lahir, kata Hasto, Pancasila menjadi landasan kepemimpinan Indonesia. Karena itulah, oleh Bung Karno, Pancasila tidak hanya falsafah dasar, namun juga pandangan Indonesia bagi dunia.

"Mari terus kita pompakan semangat kepemimpinan Indonesia bagi dunia," tegas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.