Sukses

3 Fakta Viral Mural Mirip Jokowi 404 Not Found

Belum lama ini viral mural wajah berwajah mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang matanya tertutup bertuliskan '404: not found'.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini viral mural wajah berwajah mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang matanya tertutup bertuliskan '404: not found'.

Mural wajah mirip Presiden Jokowi itu ada di wilayah Batuceper, Kota Tangerang, Banten dan kini telah dihapus. Polisi pun memburu pelaku.

"Tetap dilidik (selidiki) itu perbuatan siapa," kata Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim kepada wartawan, Minggu 15 Agustus 2021.

Menurut Abdul, tindakan pelaku pembuat mural tersebut tidak bisa dibenarkan karena diduga telah menghina Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, kata dia, Kepolisian akan jemput bola dalam mengungkap pelakunya.

Berikut fakta-fakta terkait viral mural wajah berwajah mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang matanya tertutup bertuliskan '404: not found' dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pelaku Diburu

Polisi memburu pembuat mural sosok mirip Presiden Jokowi yang matanya ditutup tulisan "404:Not Found" di Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.

"Tetap dilidik (selidiki) itu perbuatan siapa," kata Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim kepada wartawan, Minggu 15 Agustus 2021.

 

3 dari 5 halaman

Bisa Diduga Hina Presiden Jokowi

Abdul juga mengatakan, tindakan pelaku pembuat mural tersebut tidak bisa dibenarkan karena diduga telah menghina Presiden Jokowi. Kepolisian akan jemput bola dalam mengungkap pelakunya.

Saat ini, proses penyelidikan untuk mengungkap pembuat mural Jokowi 404: Not Found tengah berlangsung. Menurutnya, sejumlah saksi akan segera dimintai keterangan oleh polisi.

"Saya belum cek lagi (berapa saksi diperiksa). Waktu itu saya cuma cek ke Kapolsek dibilang, 'Sudah, Pak, sudah kita TNI-Polri termasuk Pemda, sudah menghapus itu," kata Abdul.

 

4 dari 5 halaman

Mural Dihapus

Mural bergambar mirip wajah Presiden Jokowi yang matanya tertutup bertuliskan '404: not found', yang sempat viral di Batuceper, Kota Tangerang, telah dihapus seluruhnya.

Lukisan di dinding yang berada di sebelah persis Kantor Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batuceper Kota Tangeran atau tepatnya dilukis di kolong jalan tol layang ini menjadi perbincangan ramai masyarakat sejak beberapa waktu lalu.

Dari pantauan terkini di lokasi, pada Minggu siang 15 Agustus 2021, mural tersebut sudah hilang total.

Bukan hanya gambar mirip Jokowi, tapi semua mural dari ujung ke ujung kolong jembatan itu ditimpa dengan cat berwarna hitam pekat.

"Ini saya baru hari lagi mangkal di sini, saya nggak selalu di sini. Tapi terakhir saya mangkal di sini sih masih ada lukisannya," kata Suryo, seorang pedagang es keliling di lokasi dekat mural.

Menurut dia, bukan hanya mural yang ada mirip wajah Jokowi yang dihapus dengan ditimpa cat. Tapi, mural yang ada di seberangnya juga ikut ditimpa dengan cat biru.

"Ini saya ada videonya nih baru hari ini dicat biru sama Satpol PP. Baru hari ini banget, saya mah enggak tahu itu tulisan maksudnya apa," kata dia.

Lurah Batujaya Jamaludin menambahkan, mural tersebut telah dihapus pihak Ketenteraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Batuceper beberapa hari yang lalu.

"Betul muralnya di Jalan Pembangunan 1. Kalau muralnya yang sebelah ada, Yang tengah mirip RI 1 dihapus," kata dia.

5 dari 5 halaman

Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.