Sukses

Sempat Berseberangan Politik, Prabowo: Bung Karno Pemersatu dan Pembawa Kemerdekaan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan, keluarganya sempat berseberangan pandangan politik dengan Presiden Sukarno atau Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan, keluarganya sempat berseberangan pandangan politik dengan Presiden Sukarno atau Bung Karno.

Kendati begitu, Prabowo tetap menghormati Bung Karno sebagai salah satu pihak yang dapat menyatukan perbedaan dan membawa Indonesia merdeka.

"Banyak yang tahu, bahwa sebenarnya keluarga saya, orang tua saya berseberangan dengan Bung Karno. Tetapi orang tua saya Pak Sumitro selalu mengajarkan kepada saya walaupun berseberangan secara politik, tetapi secara hakiki Bung Karno adalah pemersatu bangsa, Bung Karno adalah yang membawa kita kepada kemerdekaan," kata Prabowo dalam YouTube CSIS Indonesia, Senin (16/8/2021).

Dia menyatakan, banyak perbedaan yang terjadi di Indonesia, mulai dari bahasa daerah, budaya, hingga agama yang dianut oleh masyarakat. Namun, Bung Karno dapat menyatukan hal itu.

"Bahwa pendiri-pendiri bangsa kita, menurut pandangan saya, menurut keyakinan saya mereka adalah salah satu bisa dikatakan the best generation of our country, the are the founding fathers, mereka adalah generasi pembebas," papar Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pancasila

Bahkan, menurut Prabowo, Indonesia tidak menggunakan bahasa mayoritas sebagai bahasa kebangsaan.

"Bapak pendiri bangsa kita melahirkan, menghasilkan suatu falsafah hidup ideologis pemersatu Pancasila. Justru dalam Pancasila ini mayoritas yang beragama mayoritas juga tidak memaksakan agamanya menjadi agama resmi di negara," ucap dia.

Prabowo mengatakan, banyak negara di luar yang saat ini masih memperebutkan bahasa resminya. Bahkan hal tersebut terjadi perang saudara.

"Keberhasilan suatu negara, keberhasilan suatu sistem ideologi itu hanya satu ujiannya yaitu bisa enggak membawa kehidupan yang lebih baik bagi rakyat nya," jelas Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.