Sukses

Densus Kembali Tangkap 7 Terduga Teroris, Total 48 Orang

Polisi menjelaskan, terduga teroris yang diamankan itu diduga berasal dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Liputan6.com, Jakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap tujuh terduga teroris di sejumlah wilayah. Sehingga, total yang sudah ditangkap menjadi 48 orang.

"Ada penambahan tujuh orang. Iya (total) 48," ujar Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Senin (16/8/2021).

Ia menjelaskan, mereka yang diamankan itu diduga berasal dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

Dia menyebut, tujuh orang yang diamankan itu yakni empat orang di Jawa Timur, satu orang di Sumatera Utara, satu orang di Kalimantan Timur, dan satu orang di Sulawesi Selatan.

"Yang 7 tadi, Sumut nambah 1, Kaltim nambah 1, Jatim nambah 4, Sulsel nambah 1. Jadi 7," kata Ahmad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris di Banten dan Jawa Barat

Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris di dua daerah. Satu terduga teroris ditangkap di Provinsi di Banten dan dua orang di Jawa Barat.

"Tambahan hari ini ditangkap di Banten satu orang dan Jabar tiga orang," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan dikutip dari Antara, Jakarta, Minggu 15 Agustus 2021

Dengan penangkapan itu, maka total ada 41 orang terduga teroris yang ditangkap Tim Densus 88 Antiteror Polri dalam operasi pencegahan dan penindakan terorisme sejak Kamis (12/8/2021).

"Jadi, totalnya ada 41 orang ya," kata Ramadhan.

Pada Sabtu 14 Agustus 2021, terduga teroris yang ditangkap, yakni enam orang di Sumatera Utara, tiga orang di Jambi, tujuh orang di Lampung, empat orang di Banten, dua orang di Jawa Barat, dan 10 orang di Jawa Tengah.

Selanjutnya, satu orang masing-masing di Sulawesi Tengah, Maluku, dan Kalimantan Barat, serta dua orang di Kalimantan Timur.

Sebagian besar terduga teroris yang ditangkap di 10 provinsi itu diketahui merupakan anggota jaringan Jamaah Islamiah (JI), kecuali di wilayah Kalimantan Timur merupakan anggota komunitas media sosial.

Dengan penangkapan ini, maka total ada enam orang terduga teroris yang ditangkap dari Provinsi Banten. "Untuk Banten, semuanya jaringan Jamaah Islamiah (JI)," ujar Ramadhan.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.