Sukses

Jokowi: Menyelamatkan Rakyat Hukum Tertinggi dalam Bernegara

Dia mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 bukanlah situasi yang normal. Oleh sebab itu, pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK RI harus disesuaikan dengan situasi pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang melakukan berbagai penyesuain di masa pandemi Covid-19. Jokowi mengatakan pemeriksaan keuangan yang cepat merupakan upaya menyelamatkan masyarakat dari pandemi.

"Di tengah kebutuhan pemerintah untuk bertindak cepat menyelamatkan masyarakat dari pandemi, peran pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI juga telah dilakukan beberapa penyesuaian," kata Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (16/8/2021).

"Yang utama adalah menyelamatkan rakyat. Menyelamatkan rakyat adalah hukum tertinggi dalam bernegara," sambungnya.

Dia mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 bukanlah situasi yang normal. Oleh sebab itu, pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK RI harus disesuaikan dengan situasi pandemi.

"Situasi pandemi bukan situasi normal, dan tidak bisa diperiksa dengan standar situasi normal," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Inovasi BPK

Jokowi menuturkan inovasi BPK mewujudkan akuntabilitas patut dihargai. Disisi lain, dia mengapresiasi upaya BPK yang memberikan informasi temuan pemeriksaan keuangan baik di pusat maupun daerah.

"Saya mengapresiasi upaya-upaya BPK untuk memberikan informasi temuan pemeriksaan agar ditindaklanjuti oleh pemerintah, baik di pusat maupun di daerah," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.