Sukses

Pemerintah Pastikan Beri Perlindungan Anak yang Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19

Pemerintah memastikan negara hadir memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara Indonesia, khususnya anak-anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memastikan negara hadir memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara Indonesia, khususnya anak-anak yang kehilangan orangtua akibat Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, hal ini merupakan prioritas utama pemerintah.

"Perlindungan dan kesejahteraan anak merupakan prioritas utama pemerintah. Negara akan hadir untuk melindungi semua anak yang merupakan bagian penting dari masa depan bangsa ini," kata Johnny soal penanganan pandemi Covid-19, Minggu (15/8/2021).

Menurut dia, pemerintah senantiasa berupaya memberikan perlindungan dan kesejahteraan anak dengan menjamin hak-haknya. Bagi anak-anak yang kehilangan orangtua karena Covid-19, pemerintah memberikan perlindungan dan bantuan agar mereka mampu melanjutkan hidup.

"Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan berbagai bantuan kepada anak-anakyang kehilangan orangtua akibat Covid-19. Pemerintah berupaya memastikan anak-anak bangsa bisa terus melanjutkan hidup sebagai harapan dan masa depan Indonesia," ujar Johnny.

Dia memaparkan, bantuan tersebut mencakup pemenuhan kebutuhan dasar anak, seperti bantuan obat-obatan, vitamin, test swab/PCR, dan vaksinasi. Pemerintah juga memberikan konseling untuk anak-anak dan keluarga mereka.

Pemerintah pun berupaya menyatukan kembali anak dengan keluarga besar mereka untuk mencegah anak kehilangan hak pengasuhan.

Johnny menuturkan, pemerintah turut memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan oleh orangtua asuh atau panti asuhan, serta membantu keluarga besar anak untuk mengatasi kesulitan dalam mengasuh. Upaya lain dengan memberikan terapi fisik, psikososial dan mental spiritual juga diberikan kepada anak untuk mengatasi rasa sedih dan trauma karena kehilangan orangtua akibat Covid-19.

"Pemerintah mendukung anak-anak agar mendapatkan akses pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak," kata Johnny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Himpun Data

Johnny menyatakan, pemerintah terus menghimpun data anak-anak yang kehilangan orangtua karena Covid-19 berdasarkan nama dan alamat tempat tinggal.

Hal ini, lanjut dia, dilakukan untuk memastikan semua anak yang membutuhkan dapat segera mendapatkan penanganan dan bantuan dari pemerintah.

"Anak-anak adalah aset bangsa dan generasi penerus yang menentukan masa depan bangsa. Perlindungan dan kesejahteraan anak menjadi prioritas pemerintah," ujar Johnny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.