Sukses

Jokowi: Pandemi Covid-19 Mengajarkan bahwa Kesehatan Agenda Bersama

Bahkan saat ini, Jokowi menilai kesadaran masyarakat untuk mendapatkan layanan masyarakat juga semakin tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 mengajarkan semua pihak bahwa kesehatan merupakan agenda bersama.

Hal tersebut disampaikan Jokowi pada Pidato Sidang Tahunan MPR 2021 di Gedung Parlemen MPR/DPR/DPR Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

"Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama. Pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat, dan semakin memperkuat modal sosial kita," kata Jokowi.

Bahkan saat ini, Jokowi menilai kesadaran masyarakat untuk mendapatkan layanan masyarakat juga semakin tinggi. Sejumlah kebiasaan baru juga telah membudaya. Mulai dari penggunaan masker, mencuci tangan, hingga gaya hidup sehat di masyarakat.

"Menjaga kebersihan lingkungan, berolah raga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terasa semakin membudaya. Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas," ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan penyelesaian pandemi Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama.

"Penyelesaian bersama menjadi satu-satunya cara. Dengan budaya yang selalu saling peduli dan saling berbagi, masalah yang berat ini bisa lebih mudah diselesaikan," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Kritik Membangun

Jokowi menyadari bahwa kejenuhan dan kesusahan telah dirasakan masyarakat akibat pandemi. Selain itu sejumlah kritikan kepada pemerintah juga terus diberikan sejumlah pihak.

"Terutama terhadap hal-hal yang belum bisa kita selesaikan. Kritik yang membangun itu sangat penting, dan selalu kita jawab dengan pemenuhan tanggung jawab, sebagaimana yang diharapkan rakyat," jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.