Sukses

Ketua MPR: Pandemi Covid-19 Memaksa Kita Untuk Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru

Bamseot menyatakan, meski Sidang Tahunan MPR pada hari ini dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan, namun semangat kebangsaan tidak luntur.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR 2021 dengan menyampaikan pantun. “Ada burung di atas dahan. Dahannya ada di pohon beringin. Saya ucapkan salam pembukaan, kepada semua para hadirin,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (16/8/2021).

Bamseot menyatakan, meski Sidang Tahunan MPR pada hari ini dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan, namun semangat kebangsaan tidak luntur.

“Semangat kebanggsaan kita mampu membangkitkan semangat para penyelenggara negara untuk terus bekerja dan berkinerja melaksanakan amanat rakyat sesuai dengan rambu-rambu konstitusional yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” kata Bamsoet.

Bamsoet menyampaikan, dua kali sidang tahunan Indonesia harus berhadapan dengan pandemi Covid-19.

“Dunia dan kita bangsa Indonesia tengah diuji dengan badai pandemi Covid-19 yang berdampak luas terhadap berbagai dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tidak hanya masalah kesehatan manusia dan kemanusiaan, tetapi lebih luas lagi terasa dampaknya dalam dinamika dan stabilitas kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, bahkan dalam bidang pertahanan dan keamanan negara,” katanya.

Pandemi Covid-19, lanjutnya, memaksa untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, belajar dan bekerja dari rumah, menjaga jarak, dan membiasakan diri dengan cara cara baru menjaga kesehatan yang juga berdampak terhadap merenggangnya kohesi sosial kita.

 

Bamsoet menutup pidatonya dengan pantun yang berisi penetapan pokok haluan negara.

“Duduk di pantai sambil memandang laut. Telihat nelayan sambil menjala ikan. Agar Indonesia sukses menyongsong masa depan. Sudah waktunya Pokok-pokok Haluan Negara kita tetapkan”

“Agustus bulan kemerdekaan, Vaksinasi ideologi menjadi kekuatan. Terima kasih kami ucapkan, Jaga terus Persatuan dan Kesatuan. Merdeka," tutup Bamsoet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.