Sukses

Anies: Dalam Sebulan, Kita Semua Berhasil Turunkan Kasus Covid di Bawah 10 Ribu

Anies menyatakan terakhir kali kasus aktif Covid-19 di bawah 10 ribu yakni pada 22 Mei 2021 atau dua setengah bulan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan saat ini kasus aktif di Jakarta telah di bawah 10 ribu pasien. Kasus aktif merupakan jumlah orang yang positif Covid-19 baik masih dirawat di RS atau melakukan isolasi mandiri.

Anies menyebut kasus aktif di Jakarta sempat mencapai 113 ribu pada 16 Juli 2021.

"Kita semua berhasil menurunkan kurva kasus aktif kembali di bawah 10 ribu dalam waktu dalam satu bulan setelah puncak kasus gelombang kedua," kata Anies di YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (14/8/2021).

Kata dia, hal tersebut berkat dukungan dan kedisiplinan semua pihak. Anies menyatakan terakhir kali kasus aktif Covid-19 di bawah 10 ribu yakni pada 22 Mei 2021 atau dua setengah bulan lalu.

Saat puncak Covid-19 gelombang dua, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan hampir semua RS rujukan penuh dengan pasien.

"Bukan hanya ICU, bukan hanya kamar rawat inap, tapi antrean masuk IGD pun panjang meluber ke selasar-selasar. Bahkan kita harus membangun tenda tenda darurat," papar Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DKI Zona Hijau

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa Ibu Kota saat ini masuk zona hijau Covid-19. Dia menyatakan RT yang dinyatakan zona merah tak mencapai 10.

"Alhamdulillah kita sudah keluar dari zona merah ya bahkan RT yang merah hanya ada tujuh, sisanya oranye 349, dan hijaunya 24011 RT yang sudah hijau. Jadi Jakarta sudah masuk zona hijau," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2021).

Riza menyebut hal tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan sejumlah pihak. Mulai dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, hingga partisipasi masyarakat Jakarta.

"Mudah-mudahan kita tingkatkan terus sehingga kasusnya menurun alhamdulillah sudah tinggal positif hari ini ada 1078 (kasus)," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.