Sukses

UMJ Siapkan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa yang Yatim Piatu Akibat Covid-19

Setidaknya ada 142 beasiswa bersifat khusus dari UMJ untuk lulusan SMA sederajat yang disiapkan di tahun ajaran baru ini.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyiapkan beasiswa kuliah gratis bagi anak yatim piatu akibat pandemi covid-19. Setidaknya ada 142 beasiswa bersifat khusus ini untuk lulusan SMA sederajat yang disiapkan di tahun ajaran baru ini.

“Program 142 Beasiswa untuk Yatim Piatu ini murni urusan empati dan peduli. Jika yang melakukan institusi pendidikan seperti UMJ yang merupakan Amal Usaha Muhammadiyah, bukan merupakan hal yang aneh. Beasiswa ini adalah bentuk kemanusiaan kami,“ tutur Rektor UMJ, Ma’mun Murod, saat menyampaikan keterangannya di acara wisuda virtual UMJ, Sabtu (14/8/2021).

Dengan begitu, diharapkan generasi penerus bangsa yang ingin menggapai cita-citanya, bisa tetap bersekolah tinggi.

Sementara, angka 142 beasiswa ini bukanlah tanpa alasan. Menurut Wakil Rektor III Misriandi, pemberian sebanyak 142 Beasiswa yatim piatu merupakan penggabungan angka 76 dan 66.

“Angka 76 merupakan usia kemerdekaan Indonesia tahun ini , dan angka 66 merupakan usia UMJ tahun ini. Dengan semangat HUT RI ke-76 dan Milad UMJ ke-66, UMJ Meluncurkan Program 142 Beasiswa yang secara khusus diperuntukan bagi putra-putri lulusan MA/SMA/SMK yang berstatus yatim, piatu atau yatim piatu,” ujar Misriandi, di kesempatan yang sama.

Sebelumnya, kebijakan beasiswa yang diberikan UMJ dalam merespon masa pandemi Covid-19 ini sudah diawali dengan kebijakan beasiswa terkait covid dalam dua model. Yaitu yang diperuntukkan untuk Muhammadiyah dan untuk masyakarat umum berupa potongan SPP sebesar 50 persen di semester 1-3.

Lalu potongan SPP semester 1-3 sebesar 50 persen dan di semester 4-8 sebesar 30 persen. Untuk siswa alumni SMA/MA/SMK Muhammadiyah, keluarga besar dan putra/putri kader Muhammadiyah, diberikan beasiswa penuh berupa pembebasan pembayaran uang kuliah semester 1-8.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisuda Daring

Wisuda daring ke-2 kalinya selama pandemi ini merupakan wisuda untuk Program Doktor ke-4, Program Magister ke-42, Pogram Spesialis ke-1, Program Sarjana ke-73, dan program Diploma.

Sebagai perguruan tinggi tertua di bawah Persyarikatan Muhammadiyah, UMJ menghantarkan 1.612 wisudawan dengan berbagai kondisi yang dialami oleh para mahasiswanya selama pandemi.

"Dan meluluskan 3 orang sarjana Diploma 3, 1.397 wisudawan program Sarjana S-1, 140 wisudawan program magister, lima wisudawan Program Doktor, dan 16 Wisudawan Program Spesialis," tutur Rektor UMJ, Ma'mun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.