Sukses

Raja Mangkunegara IX Solo Wafat, Menag: Insyaallah Husnul Khatimah

Raja Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX wafat di Jakarta pada Jumat dini hari.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari trah keluarga Kesultanan Surakarta. Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengabarkan wafatnya Raja Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX.

Raja Mangkunegara IX itu wafat di Jakarta pada Jumat dini hari, 13 Agustus 2021 sekitar pukul 02.30 WIB.

"Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun.. Telah berpulang ke Rahmatullah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX," tulis Yaqut dalam akun Twitter pribadinya seperti dikutip pada Jumat, 13 Agustus 2021.

Yaqut mendoakan yang terbaik untuk kepergian Raja Solo itu.

"InsyaAllah husnul khotimah, amal baiknya diterima oleh Allah SWT. Ikhlas untuk keluarga yang ditinggalkan. Lahul Fatihah," tulisnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di Astana Girilayu

Sementara itu, jenazah Raja Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX akan dimakamkan di Astana Girilayu, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar, Minggu (15/8/2021). Menurut rencana, pemakaman akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dalam surat lelayu yang beredar, jenazah akan tiba di Solo Jumat sore dan disemayamkan di Dalem Ageng Pura Mangkunegaran terlebih dahulu. Setelah dua hari disemayamkan, jenazah akan dikebumikan pada hari Minggu pukul 10.00 WIB dari istana.

"Pemakamannya nanti prokes. Siang ini mau rapat dengan Pemda dan Polri, TNI. Kita mengikuti prokes dari pemerintah," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Kabupaten Mandrapura, Supriyanto Waluyo, Jumat (13/8/2021).

Selain prokes, Supriyanto menjelaskan, pemakaman raja yang bertakhta tahun 1988 tersebut akan menggunakan adat Mataraman.

"Pemakaman nanti pakai adat Mataram. Sebagian besar sama dengan adat Jawa pada umumnya. Cuma karena ini raja ya agak berbeda," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.