Sukses

Survei Charta Politika: Prabowo Tokoh Paling Dikenal Publik, Disusul Anies Baswedan

Survei Charta Politika menunjukkan, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan memiliki tingkat popularitas paling tinggi ketimbang tokoh lain yang potensial jadi Capres pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto jadi tokoh yang memiliki tingkat popularitas tertinggi ketimbang tokoh lain yang potensial jadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Temuan itu diungkap dari hasil survei Lembaga Survei Charta Politika yang dilakukan pada rentang 12-20 Juli 2021.

"Angka paling tinggi adalah Prabowo Subianto, lalu kemudian disusul oleh Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam acara rilis hasil survei secara daring pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Menteri yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindara itu meraup tingkat kepopuleran sebesar 90,2 persen dari responden. Sementara Anies berada di angka 87,9 persen.

Di bawah mereka berturut-turut ada nama Sandiaga Uno, Ma'ruf Amin, Ustaz Abdul Somad, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Mahfud Md.

Nama Ketua PDI Perjuangan, Puan Maharani yang sering digadang-gadang bakal maju menjadi capres dari partai berlambang Banteng itu justru tepat berada di bawah Mahfud Md. Puan hanya meraup kepopuleran sebesar 60,7 persen.

"Kalau kita lihat Mbak Puan Maharani dengan baliho luar biasa dan jadi perbincangan luar biasa ternyata masih ada di angka 60,7 persen. Jadi belum mencapai angka-angka yang bisa dikatakan sudah melampaui sosok-sosok lain yang balihonya enggak sebanyak Mbak Puan ya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Tokoh Paling Disukai

Selain mengukur tingkat kepopuleran para tokoh, Charta Politika juga berusaha membaca tingkat kesukaan publik terhadap mereka.

Kendati nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo tingkat keterkenalannya berada di posisi cukup jauh dari tiga besar, namun Yunarto mengungkap bahwa tingkat kesukaan publik terhadap nama ini paling besar daripada tokoh lainnya.

"Kalau kita lihat dari tingkat kesukaan tertinggi ada di Mas Ganjar nomor satu, kedua Ibu Susi, yang ketiga ada di Anies Baswedan," ujarnya.

Tingkat kesukaan publik terhadap Ganjar berada di angka 92,7 persen. Sementara mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019, Susi Pudjiastuti mendulang tingkat kesukaan sebesar 92,3 persen, dan Anies berada di angka 91,3 persen.

Metode Survei

Survei ini dilakukan pada 12-20 Juli 2021 dengan melibatkan 1.200 responden dari berbagai daerah di Indonesia menggunakan metode wawancara tatap muka.

Kriteria responden ialah mereka yang telah berusia di atas 17 tahun.

Sementara itu sampling yang dipilih sepenuhnya secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap Provinsi.

Chatra Politika menetapkan margin of error sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dan menetapkan quality control di angka 20 persen untuk menguji validitas data survei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.