Sukses

WNA Jepang Mendominasi Orang Asing yang Tinggalkan RI Lewat Bandara Soetta

Selain Jepang, WNA Tiongkok menduduki peringkat kedua terbanyak yang meninggalkan Indonesia melalui Bandara Soetta.

Liputan6.com, Jakarta - Selama lebih dari satu bulan, tercatat 25.932 Warga Negara Asing (WNA) pergi meninggalkan Indonesia. WN Jepang mendominasi hengkangnya catatan WNA dari Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta atau Bandara Soetta.

Catatan tersebut berasal dari Data sistem perlintasan Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta pada 3 Juli 2021 hingga 12 Agustus 2021.

"Di mana data statistik mencatat 25.932 orang asing telah meninggalkan wilayah Republik Indonesia," kata Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Romi Yudianto melalui keterangan tertulisnya, Kamis (12/8/2021).

Dari data tersebut, orang asing yang keluar dari Indonesia didominasi warga berkewarganegaraan Jepang, yakni 4.373 orang. Hal ini dikarenakan adanya Jepang memfasilitasi warganya untuk kembali ke negaranya.

Selain Jepang, WN Tiongkok menduduki peringkat kedua terbanyak yang meninggalkan Indonesia melalui Bandara Soetta.

"WN Tiongkok sebanyak 3.367 orang, WN Korea Selatan sebanyak 1.904 orang, WN Amerika Serikat 1.833 sebanyak orang, dan WN Rusia sebanyak 980 orang," ungkap Romi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemantauan Intensif

Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta melakukan pemantauan intensif pada pelaku perjalanan internasional di Bandara Soekarno-Hatta guna merespons perkembangan kasus Covid-19 di dalam negeri, serta mengawasi pelaksanaan Permenkumham Nomor 27 tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.