Sukses

Pesan Gus Baha ke Pimpinan MPR: Politik Itu untuk Kemaslahatan Rakyat

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menemui Kiai Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA, Rembang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menemui Kiai Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA, Rembang, Jawa Tengah. Kesempatan itu digunakan untuk belajar mengaji dari kiai yang dinilai menguasai kitab-kitab klasik yang ditulis oleh para ulama nusantara.

Gus Baha pun berpesan bahwa politik merupakan seni mengelola kepercayaan publik. Produk politik masa kini dinilainya telah lebih baik dibandingkan dengan masa lalu, di mana para raja saling berperang untuk mendapatkan kekuasan.

"Kalau kita melihat politik sebagai cara atau seni mengelola kekuasaan dengan cara yang lebih enak, lebih beradab. Jadi cara itu sudah membaik dari yang sebelumnya. Kan nggak kebayang dulu Timor Leste keluar dari Indonesia lewat duel. Tapi kan lewat politik, lewat jajak pendapat. Begitu juga pemilihan gubernur dan bupati," tutur Gus Baha dalam pertemuan tersebut, Rabu (11/8/2021).

Meski masih belum ideal, Gus Baha melanjutkan, proses politik yang dilakukan di masa kini dapat dilaksanakan dengan perasaan tenang. Politik pun merupakan suatu hal yang substansial lantaran berhubungan dengan kemaslahatan umat.

Jika tidak dijalankan dengan amanah, maka yang timbul adalah rasa curiga. Hal itu tentu berdampak pada keterpurukan suatu bangsa, lewat rakyat yang hanya bisa saling menyalahkan.

"Jadi politik itu kembali ke kemaslahatan publik. Istilahnya kamu punya kamar seribu, yang dipakai tidur cuma satu kamar. Kalau punya beras satu ton, yang kamu makan hanya satu liter. Artinya apa, artinya kebutuhannya adalah sama-sama satu piring. Karena kalau proses politik itu tidak dianggap lebih baik atau membaik, semua orang akan merasa salah terus dan akan saling menyalahkan. Jadi bangsa yang nggak punya ide untuk bikin rumus-rumus baik," ujar Gus Baha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalankan Politik Ideal

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menyampaikan, dirinya sebagai pelaku politik dalam jabatan Sekjen Gerindra akan berupaya menjalankan politik yang ideal sesuai pesan Gus Baha.

"Pesan Gus sangat baik, itu memberikan pencerahan kepada kita semua. Sehingga dalam berpolitik, orang-orang yang terlibat di dalamnya menekankan pada prinsip bahwa politik adalah seni untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Sehingga prosesnya semua menjadi enjoy. Kami juga ingin menjalani amanat politik dengan enjoy, serius juga amanah, supaya sampai pada tujuan yaitu kemaslahatan rakyat," kata Muzani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.