Sukses

Makna HUT ke-76 RI Bagi Mensos Risma di Masa Pandemi Covid-19

Mensos Risma mengajak semua pihak bersinergi baik itu perguruan tinggi, dunia usaha juga pilar-pilar sosial termasuk Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengajak semua pihak menanggulangi pandemi dengan menggelorakan spirit kemerdekaan dan gotong royong. Mensos mengajak semua pihak bersinergi baik itu perguruan tinggi, dunia usaha juga pilar-pilar sosial termasuk Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM).

Hal itu disampaikan Risma saat membuka secara resmi acara vaksinasi yang disampaikan oleh Direktur PSPKKM (Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat) Serimika Br Karo, di Gedung Raden Dewi Sartika di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (11/8/2021).

“Kami mendukung sentra vaksin yang menyasar pilar-pilar sosial, mahasiswa dan usia di atas 12 tahun. Juga, mengajak semua pihak menggelorakan spirit kemerdekaan dan gotong royong menjadi bagian tidak terpisahkan dari kerja di bidang sosial,” kata Risma.

Spirit kemerdekaan, gotong royong dan kesetiakawanan sosial diperlukan dalam menanggulangi pandemi. Sebab pemerintah tidak bisa bekerja sendirian melainkan perlu berkolaborasi dan bahu membahu agar program pemerintah yakni vaksinasi nasional bisa lebih cepat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah menjelang HUT ke-76 RI, kita bisa saksikan bersama bahwa spirit kemerdekaan dan gotong royong masih ada di tengah-tengah masyarakat, salah satunya dalam kegiatan vaksinasi yang diinisiasi oleh IPSM,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Targetkan 700 Orang

Ketua Umum IPSM Nasional, Giwo Rubianto Wiyogo mengapresiasi kerja keras panitia dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi sebagai wujud Indonesia tangguh.

“Kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendukung, baik kolaborator maupun sponsor. Kiranya melalui kerjasama yang baik ini dapat mewujudkan Indonesia yang Tangguh, sesuai tema HUT RI ke 76: Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, ” ujar Hj Giwo dalam sambutannya.

Kegiatan vaksinasi menargetkan kuota harian sebanyak 700 orang atau 2.000 lebih selama tiga hari. Untuk vaksinasi dosis pertama dilaksanakan pada Rabu hingga Jumat (11-13 Agustus), dimana hari pertama bertepatan dengan Hari Libur Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443 Hijriah.

“Kegiatan sentra vaksinasi IPSM Nasional itu menggandeng beberapa unsur, yakni Ikatan Alumni UNJ, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Kalbis Institute, UNJ, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Pita Putih Indonesia, ” katanya.

IPSM adalah perkumpulan profesi relawan sosial terlatih dan telah dikukuhkan melalui Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019.

IPSM mewadahi warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemauan dan kemampuan dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial, yaitu terpenuhinya kebutuhan material, spiritual dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.