Sukses

DPRD DKI Pertanyakan Langkah Anies Jadikan Formula E Program Prioritas di Tengah Pandem Covid-19

Gilbert menganggap, Pemprov DKI Jakarta tidak memiliki anggaran yang cukup untuk perhelatan Formula E.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mengaku heran penyelenggaraan mobil balap listrik atau Formula E masuk menjadi program prioritas Pemprov DKI Jakarta

"Formula E ini jadi batu sandungan betul. Ini sebuah kebijakan yang tak terukur, dibuat jadi prioritas," kata Gilbert saat dihubungi, Rabu (11/8/2021). 

Politikus PDI Perjuangan itu menyebut DKI Jakarta tidak memiliki anggaran yang cukup untuk perhelatan tersebut. Menurut dia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah mendesak pemerintah pusat terkait dana bagi hasil. 

Karena hal itu, Gilbert mengaku tidak mengerti maksud Anies memasukkan Formula E sebagai program prioritas. 

"Ada apa sebenarnya dengan Formula E. Jangan jadi formula G gengsi, kalau itu yang ada, maka tidak pantas lagi. Karena kepala daerah harus menyelamatkan rakyatnya," ucapnya. 

Gilbert juga menyebut untuk penyelenggaraan terasa juga diperlukan persiapan yang matang. 

"Butuh setahun persiapan, sekarang sudah Agustus, sisa 10 bulan. Jelas itu akan rugi," jelas dia. 

Sebelumnya, Penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E menjadi salah satu isu prioritas Pemprov DKI Jakarta. 

Hal tersebut berdasarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022. Ingub tersebut ditandatangani oleh Anies pada 4 Agustus 2021.

Ingub tersebut ditujukan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali.

"Melaksanakan penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022 dengan tugas memastikan tercapainya isu prioritas daerah tahun 2021-2022," bunyi Ingub tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Waktu Juni 2022

Anies juga meminta Sekda Marullah memimpin dan mengendalikan penyelesaian isu prioritas ini serta bertanggung jawab dalam penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022.

"Melaporkan ketercapaian Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu kepada Gubernur setiap dua minggu," ucap Anies.

Salah satu isu prioritas dalam Ingub tersebut yakni untuk penyelenggaraan Formula E pada Juni 2022.

"Formula E target keluaran terselenggaranya lomba Formula E, target waktu Juni 2022".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.