Sukses

Tafsir Ringkas Digital Al-Qur'an Karya Quraish Shihab Resmi Diluncurkan

Tafsir ringkas digital Al-Qur'an dan maknanya karya Prof Quraish Shihab ini menyajikan tafsir dengan bahasa yang ringan, sarat makna, dan mudah dicerna.

Liputan6.com, Jakarta - Tafsir ringkas digital Al-Qur'an dan maknanya yang merupakan karya ulama nasional M Quraish Shihab resmi diluncurkan oleh Penerbit Lentera Hati pada Jumat, 6 Agustus 2021.

Karya Quraish Shihab ini menyajikan tafsir Al-Qur'an dengan bahasa yang ringan, sarat makna, dan mudah dicerna.

Penerbit Lentera Hati mengatakan bahwa digitalisasi mushaf Al-Qur’an dan maknanya adalah keniscayaan di era digital untuk menjangkau ragam pembaca. Khususnya, para generasi muda muslim.

"Digitalisasi ini diharapkan mampu menjangkau tidak hanya pembaca setia buku-buku Pak Quraish, tapi juga menjangkau generasi muda muslim yang ingin mempelajari Al-Qur’an dari pakarnya dengan format digital," ujar Direktur Lentera Hati, Nasywa Shihab dikutip dari siaran persnya, Selasa (10/8/2021).

Adapun peluncurkan buku tafsir ini dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Muchlis M Hanafi menilai digitalisasi Al-Qur'an dan maknanya adalah keputusan yang tepat.

Menurut dia, digitalisasi mushaf Al-Qur’an adalah keniscayaan untuk mengikuti perkembangan dunia digital sebagai ruang alternatif keagamaan yang banyak diminati hari ini. Kehadiran buku karya Quraish Shihab ini diharapkan dapat menjadi pelengkap terjemahan Al-Qur'an digital.

"Sebagai karya mufasir terkemuka di Indonesia, terjemah/makna Al-Qur’an ini, dengan segala keunggulannya, diharapkan menjadi pelengkap atas terjemahan Al-Qur’an digital, baik yang diterbitkan oleh negara maupun perorangan dari berbagai lapisan masyarakat di Indonesia," jelas Hanafi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Aplikasi Kesan

Sementara itu, CEO aplikasi KESAN Hamdan Hamedan mengatakan, pihaknya senang digandeng Lentera Hati dalam menerbitkan tafsir ringkas digital Prof M Quraish Shihab.

Terlebih, saat ini ponsel pintar atau smartphone semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian masyarakat.

"Oleh karenanya, adanya tafsir ringkas digital ini memungkinkan kita mendalami Al-Qur’an secara praktis, kapan pun dan di mana pun," kata Hamdan.

Aplikasi KESAN sendiri merupakan aplikasi Islami karya anak negeri yang menunjang kebutuhan ibadah, dari Al-Qur’an Digital, Jadwal Shalat, Konsultasi Islami, hingga Halal-Friendly Marketplace.

Aplikasi KESAN dapat diunduh gratis di Google Play, Apple Store, atau di website KESAN (www.kesan.id).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.