Sukses

Airlangga Hartarto: Konsolidasi Demokrasi Kita Harus Ditingkatkan Kualitasnya

Airlangga Hartarto menilai, partainya adalah salah satu parpol yang menjadi pilar demokrasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menilai, partainya adalah salah satu parpol yang menjadi pilar demokrasi di Indonesia.

Karenanya, partai berlambang beringin tersebut selalu berkomitmen untuk menjaga dan mempertahankan demokrasi NKRI.

"Dengan berdemokrasi, kita dapat mengelola keragaman kehendak, keinginan dan aspirasi masyarakat Indonesia yang majemuk dan plural ini," kata Airlangga saat berpidato di HUT ke-50 Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang disiarkan daring, Selasa (10/8/2021).

Menurut dia, masyarakat saat ini sudah dewasa dalam menentukan pilihan politik yang disertai dengan pilihan visi dan program ditawarkan.

Dengan demikian, sistem pemerintahan Indonesia dipastikan bisa semakin memperkuat presidensialisme dengan tetap menjaga mekanisme check and balance melalui sistem perwakilan kita di parlemen.

"Konsolidasi demokrasi kita harus kita tingkatkan kualitasnya. Kita telah diakui dunia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar dunia yang menerapkan demokrasi. Hal ini menunjukkan bahwa Islam dan demokrasi telah memiliki kompatibilitasnya sebagaimana praktek demokrasi di Indonesia," kata Airlangga.

Dia meyakini, demokrasi dipraktekkan saat ini harus memperkuat bagi tegaknya kebangsaan. Menurut Airlangga, hal itu telah dibuktikkan dengan keberhasil penyelenggaraan pemilihan presiden langsung selama empat kali disertai dengan pemilihan kepala daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

"Semua proses penyelenggaraan sistem elektoral kita telah berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Hal ini menunjukkan bahwa demokrasi elektoral kita telah teruji," ungkap Airlangga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Singgung Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi itu, kata Airlangga, harus dijalani sebagai kunci transformasi semua sektor ekonomi.

"Yang mengakibatkan penurunan biaya dan peningkatan efisiensi serta menciptakan lapangan pekerjaan yang baru dan menjadi peluang untuk pertumbuhan ekonomi," ujar Menko Perekonomian ini.

Airlangga mengatakan, Golkar mendorong percepatan transformasi untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Golkar mendorong konsep Making Indonesia 4.0.

"Partai Golkar mendorong bagi pemanfaatan teknologi informasi yang kini menjadi bagian dari kehidupan kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.