Sukses

Luhut: Kita Mungkin Hidup Bertahun-tahun ke Depan dengan Masker

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kepatuhan masyarakat menggunakan masker kini mencapai 82 persen.

Liputan6.com, Jakarta Kepatuhan masyarakat memakai masker naik 5 persen pada tengah tahun 2021. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kepatuhan masyarakat menggunakan masker kini mencapai 82 persen. 

"Kepatuhan mengenai menggunakan masker telah mencapai 82 persen meningkat 5 persen, dibandingkan Februari-Maret," kata Luhut dalam konferensi pers terkait perpanjangan PPKM, Jakarta, Senin 9 Agusus 2021.

Dia juga meminta masyarakat agar membudidayakan penggunaan masker. Sebab, lanjut dia, ada kemungkinan masyarakat masih harus menggunakan masker hingga bertahun-tahun ke depan.

"Kami mengimbau pada kesempatan ini supaya seluruh masyarakat membudayakan untuk memakai masker ini. Karena kita mungkin akan hidup dalam bertahun-tahun ke depan dengan masker ini karena ini adalah salah satu alat di samping vaksin untuk mencegah penularan varian Delta," ujar Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Penanganan Covid-19

Pada kesempatan itu, Luhut juga menyampaikan soal perkembangan penanganan Covid-19 di Tanah Air. Dia mengatakan ada peningkatan jumlah testing dan tracing.

Dia mengklaim peningkatan tersebut mencapai tiga kali lipat sejak Mei 2021.

"Sangat signifikan hingga tiga kali lipat Sejak bulan Mei 2021.Selain itu dari sisi tracing, keterlibatan TNI dan Polri mampu meningkatkan jumlah kontak erat yang berhasil ditracing," ungkap dia.

"Saat ini memang masih ada pencatatan yang dilakukan secara manual untuk aktivitas tracing ini, terutama karena keterbatasan akses internet untuk wilayah wilayah pedesaan," sambung Luhut.

 

Reporter: Intan Umbari P

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.