Sukses

Yuk Ikuti Kompetisi Nyanyi Lagu Daerah, Total Hadiahnya Jutaan Rupiah

Untuk mengikuti kompetisi ini, kamu bisa membuat video kreasi menyanyikan salah satu lagu daerah yang telah ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di rumah saja bisa tetap meriah dengan mengikuti kompetisi #MelodiKemerdekaan, terlebih jika jadi juara dan mendapatkan hadiah total jutaan rupiah.

Bernama #MelodiKemerdekaan, kompetisi ini mengajak masyarakat untuk menyanyikan lagu daerah dengan cara yang kreatif. Kompetisi ini digelar oleh Pesona Indonesia, akun pemasaran resmi milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan Rumah Digital Indonesia (RDI).

Sejalan dengan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk tetap optimistis dan bersemangat selama masa pandemi Covid-19, salah satunya dengan bermusik. Terlebih Indonesia memiliki potensi sangat besar akan beragamnya kesenian daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, salah satunya melalui musik tradisional.

"Bangsa kita yang begitu kaya akan keberagaman, dengan musik yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat, kita menjadi semangat, menjadi bangsa yang besar dan bangga dengan budayanya," jelas Sandiaga, Senin (9/8).

Selain itu, Menparekraf yang juga akrab disapa Mas Menteri itu mengatakan bahwa industri musik yang merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif ini menjadi salah satu fokus dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara Staf Khusus Presiden sekaligus Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia Putri Tanjung menyebutkan, perlombaan dan kompetisi memang menjadi salah satu warna khas dari perayaan kemerdekaan kita. Tradisi itulah yang coba dibawa Rumah Digital Indonesia ke ranah virtual.

"Bagaimana perlombaan yang setiap tahun kita lakukan untuk menyemarakkan kemerdekaan bisa tetap berlangsung secara virtual. Jadi ada nuansa kompetisi, ada nuansa perayaan kemerdekaan, dan semuanya kita lakukan sambil mengenal kebudayaan terutama lagu-lagu daerah kita yang memang sangat kaya, bagus, dan indah," kata Putri.

Untuk mengikuti kompetisi ini, kamu bisa membuat video kreasi menyanyikan salah satu lagu daerah yang telah ditentukan, yakni Bungong Jeumpa (Aceh), Sinanggar Tulo (Sumatera Utara), Manuk Dadali (Jawa Barat), Ampar-Ampar Pisang (Kalimatan Selatan), Si Patokaan (Sulawesi Utara), Gemu Fa Mi Re (Nusa Tenggara Timur), atau Apuse (Papua).

Jangan lupa untuk membuat video menyanyi sekreatif mungkin, boleh sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum dan aksesoris khas masing-masing daerah agar makin meriah dan kesempatan menang semakin besar.

Kompetisi ini dibuka sampai 20 Agustus 2021

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo, lho. Para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Selain itu, video kreatif dan menarik dari para pemenang nantinya akan ditayangkan di media sosial Pesona Indonesia dan Rumah Digital Indonesia, www.rumahdigitalindonesia.id.

Untuk mengikuti kompetisi #MelodiKemerdekaan, kamu bisa simak ketentuan selengkapnya di sini.  

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini