Sukses

Buka Peluang Ekonomi Banyuwangi Bakal Dikembangkan jadi Sentra Sapi Perah

Pengembang sapi perah dari Australia, Brandon Collins, bakal membuka sentra sapi perah di Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut diungkapkan saat bertemu dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jumat (6/8).

Liputan6.com, Jakarta Pengembang sapi perah dari Australia, Brandon Collins, bakal membuka sentra sapi perah di Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut diungkapkan saat bertemu dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jumat (6/8).

Banyuwangi yang memiliki kawasan lereng gunung, menurut Collins, cukup cocok untuk dijadikan lokasi peternakan sapi perah.

"Pasokan pangan cukup dan tinggal menyesuaikan saja teknik perawatan yang diperlukan dengan kondisi di sini," ujarnya.

Collins menargetkan peternakan tersebut akan mulai dikerjakan pada Oktober mendatang.

"Secara gradual nanti akan ada 400 hingga 1200 ekor sapi yang akan dikelola dan terus ditingkatkan," imbuhnya.

Tak sekadar areal peternakan, dia juga akan mengintegrasikannya dengan kawasan agrowisata dan edukasi. Sehingga dapat semakin memperluas nilai tambahnya bagi Banyuwangi.

Sementara itu, Bupati Ipuk menyambut baik rencana tersebut. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pengungkit ekonomi bagi masyarakat Banyuwangi.

"Kami akan mendorong serapan tenaga kerja lokal semaksimal mungkin untuk bisa terlibat dalam pengembangan sapi perah ini," terang Ipuk.

Kehadiran sentra sapi perah juga akan semakin memperkuat sektor peternakan Banyuwangi, yang selama ini sudah dikenal dengan kekuatan peternakan sapi rakyat.

Ipuk juga meminta kepada pengelola agar membangun agrowisata yang berbasis kearifan lokal. Sehingga nantinya memiliki kekhasan tersendiri jika dibandingkan dengan konsep agrowisata lainnya yang telah ada.

"Supaya nanti ini bisa menjadi ikon Banyuwangi," harapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.