Sukses

3 Permintaan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Jelang Berakhirnya PPKM Level 4

Jelang berakhirnya PPKM Level 4, Ketua Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menyampaikan sejumlah permintaan.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang berakhirnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Ketua Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menyampaikan sejumlah permintaan.

Salah satunya Ganip mengingatkan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, terutama untuk warga Batam.

Hal tersebut ia sampaikan saat meninjau Posko PPKM Mega Legenda yang berada di Kelurahan Baloi Permai, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada Minggu 8 Agustus 2021.

Ganip meminta masyarakat tidak lengah karena sampai saat ini penyebaran virus Corona begitu cepat.

"Oleh karena itu, kita jangan sampai lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan, seperti disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," kata Ganip di Posko PPKM Mega Legenda RT07/RW05, Kelurahan Baloi Permai, Minggu 8 Agustus 2021.

Selain itu, ia juga meminta Posko PPKM aktif memonitor warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman), khususnya pasien Covid-19 dengan riwayat penyakit (komorbid) atau warga berusia di atas 45.

Berikut 3 permintaan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito jelang berakhirnya PPKM Level 4 dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan warga Batam untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hal tersebut ia sampaikan saat meninjau Posko PPKM Mega Legenda yang berada di Kelurahan Baloi Permai, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Ganip berharap, langkah aktif masyarakat Batam dalam menjalankan protokol kesehatan dapat mengendalikan dan mengakhiri penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Sebab, penyebaran Corona patut diwaspadai oleh masyarakat karena sudah ada penyebaran varian virus baru yang masuk ke wilayah Indonesia.

"Oleh karena itu, kita jangan sampai lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan, seperti disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," kata Ganip di Posko PPKM Mega Legenda RT07/RW05, Kelurahan Baloi Permai, Minggu 8 Agustus 2021.

 

3 dari 5 halaman

2. Maksimalkan Peran Posko PPKM

Selain itu, Ganip yang juga Kepala BNPB ini mengingatkan peran Posko PPKM dalam pengendalian Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan.

"Posko memiliki fungsi 4P, yaitu fungsi pencegahan, penanganan, pendukung, dan pembinaan," papar dia.

 

4 dari 5 halaman

3. Aktif Pantau Warga Isoman

Ganip juga meminta Posko PPKM aktif memonitor warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Khususnya, kata dia, pasien Covid-19 dengan riwayat penyakit (komorbid) atau warga berusia di atas 45.

Apabila isoman yang dilakukan tidak mendukung proses pemulihan, warga dapat segera dirujuk ke isolasi terpusat (isoter).

Upaya ini agar pasien tidak terlambat untuk mengantisipasi kondisi yang lebih buruk.

"Di sana (fasilitas isolasi terpusat) sudah disediakan oleh Pak Wali, tenaga kesehatan, disediakan tempat penginapan dan makanan serta tempatnya lebih baik," jelas Ganip.

 

(Lesty Subamin)

5 dari 5 halaman

Aturan Pembatasan PPKM Darurat Jawa Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.