Sukses

Kemensos Luruskan Kabar soal Bonus Bantuan Covid-19 Rp 500 Ribu

Lewat akun media sosialnya, Kemensos menegaskan bahwa hal yang disampaikan oleh situs tersebut sama sekali tidak benar alias hoaks.

Liputan6.com, Jakarta Geger sebuah situs web yang mengatasnamakan dan memuat logo Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang berisi kuesioner untuk mendapatkan bonus dana bantuan Covid-19 sebesar Rp Rp 500 ribu. 

Untuk bisa mendapatkan dana tersebut, pengunjung cukup menjawab beberapa pertanyaan dalam survei pada situs https://d-evnwhats.xyz/i/ Nationalday/?show=1. 

Kemudian pendaftar diminta membagikannya ke teman melalui aplikasi WhatsApp. Kemunculan situs tersebut, membuat Kemensos angkat suara.

Lewat akun media sosialnya, Kemensos menegaskan, hal yang disampaikan oleh situs tersebut sama sekali tidak benar alias hoaks.

"Pesan tersebut adalah hoaks. Kementerian Sosial," tulis Kemensos dikutip pada Sabtu (7/8/2021).

Kemensos juga menyatakan pihaknya tidak pernah membuat situs yang dimaksud.

"TIDAK PERNAH membuat situs web untuk pendaftaran penerima bonus dana bantuan Covid-19 sebesar Rp. 500.000," tulis Kemensos.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situs Kepesertaan Bansos

Kemensos menerangkan bahwa sebagai upaya penanganan dampak pandemi dan selama PPKM berlangsung, pemerintah mengeluarkan program-program perlindungan sosial, yakni PKH, program kartu sembako, bantuan sosial tunai, bantuan beras, serta mendirikan dapur umum untuk masyarakat yang terdampak.

Agar kejadian ini tak terulang lagi, pihak Kemensos meminta masyarakat mengecek langsung kepesertaan bantuan sosial melalui situs https://cekbansos.kemensos.go. id/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.