Sukses

Moeldoko: Jokowi Perintahkan untuk Waspada Keterisian ICU di Luar Jawa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan agar jajarannya tidak lengah dalam penanganan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan agar jajarannya tidak lengah dalam penanganan Covid-19. Dia memerintahkan jajarannya mengantisipasi lonjakan keterisian ruangan ICU khususnya di luar Pulau Jawa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko usai meninjau RSD Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2021).

"Presiden memerintahkan pada sidang kabinet untuk mewaspadai ICU-ICU yang ada di luar Pulau Jawa," kata Moeldoko di RSD Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut dia, pemerintah sudah berupaya membangun ICU di beberapa daerah dengan cepat. Hal tersebut untuk mengulangi kejadian beberapa waktu lalu, di mana pasien Covid-19 dalam kondisi kegawatan harus antre untuk mendapat perawatan di ICU.

"Pemerintah merespons sungguh sangat cepat. persoalan ICU dan seterusnya itu menjadi sebuah persoalan pada saat puncaknya, dan banyak orang yang antre di ICU apa yang terjadi sekarang? Pemerintah telah melakukan sebuah gerakan yang sangat cepat dan masif," ungkap Moeldoko.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Sejumlah Daerah

Moeldoko menjelaskan, beberapa daerah sudah melakukan percepatan penanganan Covid-19, mulai dari Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Lampung. Salah satunya dengan membangun banyak ICU itu tadi.

"Ini jumlahnya cukup banyak ICU yang dibangun. Kenapa? Merujuk dari pengalaman yang lalu, banyak pasien yang harus antre di ICU, maka menteri PUPR diperintahkan oleh Presiden untuk segera, ini sedang berjalan, enggak begitu lama selesai," ungkapnya.

 

Reporter: Intan U

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.