Sukses

Kasus Harian Covid-19 Diyakini Turun Drastis bila PPKM Level 4 Konsisten Dijalani

Menurut Ardiansyah, level PPKM bisa diturunkan saat 3T dan vaksinasi sudah signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus harian Covid-19 diyakini akan menurun jika Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berjalan maksimal.

Pemerintah telah memperpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah.

"Apabila PPKM dijalankan dengan benar, tentunya kasus harian Covid-19 akan menurun," kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK), dr Ardiansyah Bahar kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Syaratnya, PPKM harus dijalankan dengan benar. Pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku. "Sejalan dengan PPKM, strategi 3T (testing, tracing, treatment) dan vaksinasi juga harus terus berjalan," ujarnya.

Menurut Ardiansyah, level PPKM bisa diturunkan saat 3T dan vaksinasi sudah signifikan. "Hal ini berarti setiap orang yang menderita Covid-19 terdata dengan baik dan bagi yang memerlukan perawatan bisa mendapatkan penanganan di rumah sakit oleh karena keterisian tempat tidur sudah menurun," katanya.

Selain itu, lanjut dia, tracing telah dilakukan dengan baik, sehingga setiap kontak erat dari pasien juga dapat terdeteksi dan diperiksa. "Terakhir, sebagai upaya mencapai herd immunity, diharapkan jumlah orang yang telah divaksin bisa mencapai di atas 70%," ujarnya.

Ardiansyah menuturkan bahwa kita baru saja melewati satu gelombang yang bisa saja muncul kembali apabila kita lengah. "Mutasi virus, mobilitas yang tinggi, lemahnya pengaplikasian strategi 3T, serta lambatnya program vaksinasi bisa membuat kita kembali menghadapi gelombang kasus Covid-19," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsisten Jalani 3T

Sementara itu, Ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan juga memprediksi kasus harian Covid-19 akan semakin menurun dengan adanya perpanjangan PPKM.

"Dari pemantauan kami kasus harian Covid-19 menurun di sebagian besar Jawa-Bali. Tetapi harus hati-hati di luar Jawa Bali yang mulai meningkat," kata Iwan.

Menurut dia, syarat agar kasus Covid-19 terus menurun adalah kembali ke strategi pengendalian wabah Covid-19, yakni 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas) tinggi, 3T tinggi, dan vaksinasi tinggi.

Menurut dia, PPKM turun-naik sesuai indikatornya. "Level PPKM baru diturunkan jika syarat penurunan sesuai indikatornya sudah tercapai," tuturnya.

Lebih lanjut Iwan Ariawan berpendapat bahwa puncak kasus Covid-19 di Jawa-Bali memang sudah terlewati. "Tetapi harus hati-hati untuk luar Jawa Bali," ujar Iwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.