Sukses

Optimisme Siswa Penerima Beasiswa Sandiaga Uno dalam Menggapai Cita-Citanya

Acara pemberian beasiswa dari Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno kembali dilakukan dalam gelombang pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pengusaha sukses adalah sebuah cita-cita dari beberapa anak yang mendapatkan beasiswa dari Sandiaga Salahudin Uno. Hal itu terucap dari mulut anak setingkat Sekolah Menengah Pertama/sederajat dan Sekolah Menengah Atas/Sederajat.

Seperti yang diungkap Khalid, siswa MTSN 2 Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dia bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses seperti Sandiaga Uno.

Siswa kelas 8 ini merupakan putra dari seorang pedagang kecil yang mendapatkan beasiswa gelombang pertama. Menurutnya, sejauh ini memang cita-cita tersebut diharapkan mampu mengubah hidup keluarganya.

“Saya mau jadi pengusaha sukses dan beasiswa ini adalah awal dari mewujudkan cita-cita saya,” ujar anak bontot dari tiga bersudara tersebut.

Cita-cita tinggi juga diutarakan seorang Siswi asal Natuna, Riau, Suci Ramadhani. Siswi kelas 8 ini mengaku ingin menjadi seorang dokter yang bisa membantu masyarakat dalam masalah kesehatan. Walaupun sang ayah hanya sebagai buruh angkut, dia yakin cita-citanya bisa terwujud.

“Seperti Pak Sandiaga, dia mengaku juga pernah terpuruk, tapi akhirnya dia bisa sukses sampai menjadi menteri seperti sekarang,” tuturnya.

Kesempatan tersebut didapatkan setelah dia mendapatkan beasiswa dari Sandiaga Uno dan Kahmipreneur, apa yang didapatnya kali ini adalah pecutan untuk mencapai cita-citanya.

Berbeda dengan siswa SMK Matlaul Anwar Cibuah, Banten, Muhammad Iskandar Fauzi. Dia lebih tertarik menjadi seorang pendidik.

“Saya mau jadi guru Tehnik Komputer, sekarang saya juga ambil jurusan teknik komputer dan ilmunya akan saya turunkan ke murid-murid saya nanti,” ujar siswa kelas 12 tersebut.

Nawar mengungkapkan, salah satu ketertarikannya dengan dunia komputer karena dunia semakin hari semakin membutuhkan tenaga ahli IT dimana harus mengikuti perkembangan jaman.

Acara pemberian beasiswa dari Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno kembali dilakukan dalam gelombang pertama. Sebelumnya beasiswa itu diberikan kepada anak pedagang kecil tingkat mahasiswa, namun kali ini diberikan kepada kalangan Palajar Sekolah Menengah Atas/sederajat dan Sekolah Menengah Pertama/sederajat.

Sandi menuturkan, beasiswa untuk SMP dan SMA ini dibagi menjadi dua golongan yaitu untuk SMA akan menerima Rp 400.000, sedangkan SMP menerima Rp 300.000. “Ini baru gelombang pertama, nantinya akan kita lakukan tiap saat,” katanya.

Untuk angkatan pertama ada 100 orang yang berhasil diseleksi dan dihubungi lansung oleh tim.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Pedagang Kecil

Dia melanjutkan, apa yang dilakukan oleh Kahmiprenuer ini sangat baik karena dengan slogan tiga G, Gerak cepat, Gerak bersama dan Gas pol tentunya sangat membantu dalam mencari para penerima beasiswa.

“Saya apresisai ini, apalagi yang dicari adalah anak pedagang kecil dimana pedagang kecil ini adalah tulang punggung perekonomian bangsa,” tegasnya.

Menurut Sandi, program beasiswa anak pedagang kecil ini memang tepat waktu dan sesuai apa yang dilakukan pada masa pandemik ini. Karena itu, dia berharap beasiswa ini bisa bermanfaat dan juga membangkitkan ekonomi umat dan memperkokoh persatan kebangsaan kita.

“Ini memang tepat sasaran dan sangat tepat pada masa pandemik ini,” tukasnya.

Dia berharap, beasiswa ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin bagi mereka yang menerimanya. Selain itu, ada juga pelajar yatim piatu yang terdampak covid 19. Mereka juga akan mendapatkan beasiswa langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.