Satgas: Belum Terbukti Hewan Positif Covid-19 Bisa Tularkan Virus ke Manusia

Oleh Liputan6.com pada 03 Agu 2021, 19:16 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 19:16 WIB
Wiku Adisasmito
Perbesar
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito sampaikan jemaah juga harus menjalani testing sebagai langkah skrining saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (10/11/2020). (Tim Komunikasi Satgas COVID-19/Marji)

Liputan6.com, Jakarta - Harimau di Kebun Binatang Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, dinyatakan positif covid-19. Virus tersebut dikhawatirkan dapat menularkan kepada manusia.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, bahwa tidak ada bukti menunjukkan hewan yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan virus ke manusia.

"Penting diketahui bahwa sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi Covid-19 dapat menularkan virus ke manusia," katanya dalam tayangan virtual, Selasa (3/8/2021).

Wiku mengimbau masyarakat tidak panik jika hewan peliharaan terkena covid-19. Ia meminta pemilik hewan terus rajin merawatnya.

"Oleh karena itu masyarakat pemilik hewan peliharaan diimbau untuk tidak panik dan selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan pelirahannya," ucapnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Periksa Hewan ke Dokter

Meski begitu, Wiku mengingatkan masyarakat yang terinfeksi virus corona tidak melakukan kontak dengan hewan. Kemudian, segera periksa hewan peliharaan ke dokter jika timbul gejala penyakit.

"Hindari kontak dengan hewan peliharaannya ketika sedang terinfeksi Covid, kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksin, serta periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala," pungkasnya.

Reporter: Genan Kasah

Sumber: Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya