JK Minta Penyintas Covid-19 Berdonor, PMI Terus Kekurangan Konvalesen

Oleh Liputan6.com pada 03 Agu 2021, 17:39 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 17:39 WIB
Jusuf Kalla
Perbesar
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) meminta partisipasi masyarakat dan pengusaha memerangi COVID-19 yang semakin meninggi di Indonesia, terutama di wilayah DKI Jakarta di sela sela perayaan HUT PMI ke-75 di Markas Pusat PMI, Jakarta, Kamis (17/9/2020). (Tim Komunikasi Jusuf Kalla/JK)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla atau JK mengatakan, permintaan konvalesen meningkat. Ini berbanding lurus dengan tingginya kasus Covid-19 di Indonesia.

Khusus untuk DKI Jakarta, paling tidak ada 300 pasien yang masuk daftar tunggu setiap harinya.

PMI sendiri baru mampu memenuhi 100 permintaan per hari. Sebab itu, JK mendorong para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan konvalesennya demi membantu mereka yang masih berjuang melawan Covid-19.

"Saat ini setidaknya yang masuk di waiting list PMI DKI Jakarta ada sekitar 300 pasien setiap harinya, dan kami baru bisa memenuhi 100 permintaan berhubung kita masih kekurangan pendonor. Untuk kami berharap penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat untuk mau mendonorkan konvalesen darahnya," kata JK dalam keterangan pers, Selasa (3/8).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Permudah Pendonor

JK mengatakan PMI telah berkerja sama dengan pihak Blue Bird untuk megantar jemput secara gratis para penyintas Covid-19 yang mau mendonorkan konvalesen darahnya. Selain itu, ada beberapa Unit Donor Darah yang mampu mengolah konvalesen, buka 24 jam.

"Salah satunnya di UDD Kramat ini," ujar JK.

 

Reporter: Intan U

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya