Sukses

JK Minta Penyintas Covid-19 Berdonor, PMI Terus Kekurangan Konvalesen

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla atau JK mengatakan, permintaan konvalesen meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla atau JK mengatakan, permintaan konvalesen meningkat. Ini berbanding lurus dengan tingginya kasus Covid-19 di Indonesia.

Khusus untuk DKI Jakarta, paling tidak ada 300 pasien yang masuk daftar tunggu setiap harinya.

PMI sendiri baru mampu memenuhi 100 permintaan per hari. Sebab itu, JK mendorong para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan konvalesennya demi membantu mereka yang masih berjuang melawan Covid-19.

"Saat ini setidaknya yang masuk di waiting list PMI DKI Jakarta ada sekitar 300 pasien setiap harinya, dan kami baru bisa memenuhi 100 permintaan berhubung kita masih kekurangan pendonor. Untuk kami berharap penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat untuk mau mendonorkan konvalesen darahnya," kata JK dalam keterangan pers, Selasa (3/8).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permudah Pendonor

JK mengatakan PMI telah berkerja sama dengan pihak Blue Bird untuk megantar jemput secara gratis para penyintas Covid-19 yang mau mendonorkan konvalesen darahnya. Selain itu, ada beberapa Unit Donor Darah yang mampu mengolah konvalesen, buka 24 jam.

"Salah satunnya di UDD Kramat ini," ujar JK.

 

Reporter: Intan U

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.