70 Juta Vaksin Covid-19 Akan Tiba, Menkes: Target 2 Juta Dosis Per Hari Bakal Tercapai

Oleh Lizsa Egeham pada 02 Agu 2021, 14:07 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 14:07 WIB
FOTO: 6 Jenis Vaksin COVID-19 yang Ditetapkan Pemerintah Indonesia
Perbesar
Vaksin COVID-19 Pfizer Inc and BioNTech dipotret di Rumah Sakit Anak Rady, San Diego, California, Amerika Serikat, 15 Desember 2020. Vaksin COVID-19 buatan Pfizer telah mendapat otorisasi darurat di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan Meksiko. (ARIANA DREHSLER/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia akan kedatangan 70 juta lebih dosis vaksin Covid-19. Dengan jumlah itu, dia meyakini target 2 juta suntikan vaksin per hari akan tercapai pada Agustus ini.

"Jadi perkiraan kami, stok yang akan ada di daerah atau vaksin yang akan datang di daerah bisa mencapai 80 juta di Agusutus, jadi kalau 2 juta per hari kali 31 hari Agustus, ya kira-kira 60 juta (dosis) kita masih ada kelebihan," kata Budi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

"Jadi, Insya Allah 2 juta vaksin di Agustus itu bisa tercapai," sambungnya.

Budi mengakui bahwa pemerintah sempat kekurangan stok vaksin Covid-19 karena cepatnya TNI-Polri melakukan vaksinasi. Namun, kata Budi, kurangnya stok vaksin ini hanya tejadi di akhir Juli kemarin.

"Kekurangan vaksin itu di akhir bulan Juli saja minggu ketiga, karena memang waktu itu TNI Polri cepat sekali menyuntiknya," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Target 2 Juta Dosis Vaksin Per Hari

FOTO: Pelaksanaan Vaksinasi Virus Corona COVID-19 Secara Drive-Thru
Perbesar
Petugas menyiapkan vaksin COVID-19 saat vaksinasi secara drive-thru di Jalan Duri Raya, Jakarta Barat, Kamis (8/7/2021). Yayasan Cinta anak Bangsa (YACB) Fondation menggelar vaksinasi COVID-19 secara drive-thru dengan menargetkan 800 hingga 1.000 warga ikut vaksinasi ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurut dia, pemerintah telah kembali mengirimkan stok vaksin Covid-19 ke daerah-daerah. Hal ini diharapkan dapat mempercepat program vaksinasi Covid-19 agar segera terbentuk kekebalan komunal atau herd immunity.

"Di minggu lalu, kita sudah kirim 13.000.000 lagi dosis, dan di Agustus kita akan kedatangan minimal atau lebih dari 70 juta dosis lagi," jelas Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan vaksinasi Covid-19 mencapai 2 juta suntikan per hari mulai Agustus 2021. Bahkan, Jokowi ingin target vaksinasi dinaikkan menjadi 5 juta suntikan per hari.

"Bapak Presiden mengarahkan agar dipastikan 1 juta vaksinasi di Juli terus dicapai, dan beliau di Agustus pengen 2 juta (per hari). Dan beliau menambahkan kalau perlu dinaikkan sampai 5 juta," jelas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 6 Juli 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya