PPKM Level 4 dan 3 Berakhir Hari Ini, Pemerintah Sudah Bahas soal Perpanjangannya

Oleh Lizsa Egeham pada 02 Agu 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 13:15 WIB
Kasus Aktif dan Kematian Akibat COVID-19 di Jakarta Turun
Perbesar
Seorang pria beristirahat di depan pertokoan yang tutup saat Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di Jakarta, Minggu (1/8/2021). Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut kasus aktif Covid-19 turun di Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah telah membahas soal nasib perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM level 4 dan 3 di sejumlah wilayah. Adapun PPKM level 3-4 akan berakhir pada Senin (2/8/2021) hari ini.

"Ya kita sudah bahas (PPKM diperpanjang atau tidak)," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (1/8/2021).

Dia tak menjelaskan apakah pemerintah memutuskam PPKM level 4 dan 3 kembali diperpanjang atau tidak. Budi menyebut keputusan tersebut nantinya diumumkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi atau Menteri Koordinator yang ditunjuk.

"Cuma kami ini ingin menyampaikan bahwa nanti akan ada sesi khusus bisa oleh Bapak Presiden bisa juga bapak presiden menugaskan ke Pak Menko untuk menyampaikan keputusan beliau," jelas Budi soal PPKM level 4 dan 3.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saran Epidemiolog

Sementara itu, Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyarankan pemerintah tak memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4, apabila tak mampu memberikan dukungan finansial kepada masyarakat rawan. Adapun kebijakan PPKM level 3 dan 4 akan berakhir pada Senin hari ini.

"Ya sebetulnya kalau mau diteruskan pertama yang harus dipertimbangkan itu adalah dan ini yang tau pemerintah ya, ada tidak resources-nya secara finansial untuk mendukung masyarakat rawan, insentif sosial ekonomi," jelas Dicky kepada Liputan6.com, Senin (2/8/2021).

"Ini penting untuk keberhasilan. Kalau tidak ada, ya jangan dipaksakan karena memamg sifatnya PPKM strategi penguatan, bukan strategi utama," sambungnya.

Menurut dia, pemerintah dapat melalukan strategi penguatan lain apabila anggaran yang dimiliki saat ini tak cukup untuk mendukung kebutuhan masyarakat di masa PPKM. Misalnya, dengan mengejar 3T (testing, tracing, dan treatment), protokol kesehatan, dan vaksinasi Covid-19.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya