Menko PMK Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Aman, Total Ada 178 Juta Dosis

Oleh Lizsa Egeham pada 01 Agu 2021, 16:43 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 16:43 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Perbesar
Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/7/2021). (Dok Kemenko PMK RI)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan stok vaksin Covid-19 di Indonesia telah aman.

Dia mengacu kepada data bahwa Indonesia baru menerima 3,5 juta dosis vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat. Selain itu, Indonesia menerima 620.000 vaksin Covid-19 AstraZeneca bantuan dari pemerintah Inggris.

Muhadjir menyebut secara keseluruhan, Indonesia telah memiliki 178 juta dosis vaksin Covid-19.

"Kedatangan 3,5 juta dosis vaksin jadi produksi Moderna (dan) 620.000 dosis vaksin jadi produksi AstraZeneca memastikan bahwa stok vaksin sudah aman. Secara keseluruhan menjadi sekitar 178 juta dosis," ujar Muhadjir dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (1/8/2021).

Sementara itu, Indonesia telah mengamankan 440 juta dosis vaksin Covid-19 yang akan datang secara bertahap.

Muhadjir mengatakan, pemerintah terus berupaya memastikan ketersediaan vaksin untuk keselamatan masyarakat.

"Kehadiran vaksin tahap ke-32 (Moderna) dan 33 (AstraZeneca) ini adalah merupakan bukti nyata bahwa pemerintah terus berupaya keras menghadirkan vaksin Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia," ucap dia.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Menko PMK Muhadjir Effendy
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy. (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK)

Muhadjir menekankan pentingnya mengamankan stok vaksin Covid-19 untuk untuk mempercepat dan memperluas program vaksinasi.

Terlebih, kata dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan dua juta vaksinasi per hari pada Agustus ini agar herd immunity atau kekebalan komunal segera terbentuk.

"Hal ini penting karena semakin banyak penduduk Indonesia yang memiliki kekebalan, semakin baik melawan Covid-19," papar Muhadjir.

Menurut dia, program vaksinasi harus tetap didukung dengan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan serta penguatan 3T (tracing, testing, dan treatment).

Di samping itu, Muhadjir juga meminta masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

"Saya ingin mengingatkan sekali lagi kepada semua pihak untuk terus mematuhi kebijakan PPKM karena kebijakan tersebut adalah upaya untuk melindungi kita semua dan menekan laju penularan dan penyebaran Covid-19," tegas Muhadjir.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya