Sukses

KPK Minimalisasi Pegawai Terjun ke Lapangan karena Pandemi Covid-19

Penyesuaian kinerja tak hanya mempertimbangkan kondisi internal di KPK, melainkan mempertingkan juga kondisi ekternal.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak bagi pemberantasan tindak pidana korupsi. Apalagi, ratusan insan KPK sempat terkonfirmasi terjangkit virus tersebut.

"Pandemi Covid-19 berdampak hampir pada seluruh aktivitas masyarakat, termasuk upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu (1/8/2021).

Ali mengatakan, lantaran ratusan pegawai sempat terkonfirmasi positif Covid-19, pihak lembaga antirasuah harus menyesuaikan kinerja pemberantasan korupsi baik dalam hal pencegahan, penindakan, dan pendidika antikorupsi.

"Melihat kasus positif Covid-19 yang masih relatif tinggi hampir di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali yang menimpa beberapa pegawai KPK, mengharuskan kami menyesuaikan kondisi tersebut," kata Ali.

Penyesuaian kinerja tak hanya mempertimbangkan kondisi internal di KPK, melainkan mempertingkan juga kondisi ekternal. Sebab, menurut Ali, pemberantasan korupsi melibatkan pihak-pihak eksternal KPK.

Maka dari itu, KPK memutuskan selama pandemi Covid-19 ini untuk memimalisasi pegawai terjun langsung ke lapangan.

"KPK meminimalisasi mobilitas pegawai turun langsung ke lapangan. Sehingga program kegiatan sebagian besar telah beralih ke daring. Meski dalam beberapa hal tetap butuh dilakukan temu fisik, sehingga pelaksanaannya pun tak jarang terkendala," kata Ali.

Ali mengatakan, khusus untuk Direktorat Penindakan, seperti proses penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan suatu perkara, ada beberapa hal yang mengharuskan tim KPK turun langsung ke lapangan. Misalnya, untuk menghimpun keterangan dan alat bukti.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjalan Meski Terbatas

Ali memastikan, meski sedikit terkendala, namun pemberantasan korupsi tetap akan berjalan meski dengan keterbatasan.

"Kami tetap melakukan rangkaian sidang dakwaan, tuntutan, dan putusan yang sebagian telah beralih melalui daring. Kami juga tetap melakukan upaya-upaya penyelidikan dan penyidikan melalui case building guna mengungkap terangnya suatu perkara," kata Ali.

"Pada waktunya, KPK akan sampaikan setiap perkembangannya kepada masyarakat," Ali menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19