Sukses

Amankan Selat Malaka, Pesawat Tempur F-16 TNI AU Gelar Patroli

Sejauh ini belum ditemukan pelanggaran wilayah dan potensi ancaman di udara dan permukaan.

Liputan6.com, Jakarta Pesawat Tempur F-16 yang bermarkas di Skuadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, menggelar patroli udara di Selat Malaka dan Selat Karimata yang bertujuan memantau kondisi pulau-pulau terluar di Indonesia

"Operasi patroli udara untuk pengamanan dan pemantauan kondisi terkini pulau-pulau terluar wilayah Indonesia barat, di antaranya Pulau Berhala, Pulau Batu Mandi, dan Pulau Rupat, Provinsi Riau," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE di Pekanbaru, Sabtu (31/7/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan pantauan diketahui kondisi pulau terluar di Selat Malaka dan Karimata masih aman. Sejauh ini belum ditemukan pelanggaran wilayah dan potensi ancaman di udara dan permukaan.

Andi menyebutkan seluruh anggota Skuadron Udara 16, yakni penerbang dan ground crew untuk mempersiapkan pelaksanaan operasi dengan sepenuh hati agar hasil yang dicapai lebih maksimal.

"Meski operasi dilakukan pada masa pandemi, diharapkan para prajurit Skuadron Udara 16, terutama untuk para penerbang diminta tetap semangat demi Indonesia tercinta," katanya seperti dikutip Antara.

"Operasi Patroli Udara dengan Sandi Operasi Lintas Rajawali-21 dilaksanakan secara terjadwal sepanjang tahun di bawah kendali Komando Operasi TNI AU I sesuai dengan tatanan tugas dan tanggung jawab TNI AU," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Kendala

Dalam operasi pesawat termpur tersebut, Komandan Skuadron Udara 16 Letkol Pnb Andri Setyawan ST MMOAS bertindak sebagai flight leader dalam Operasi Lintas Rajawali-21 dan tidak ditemukan kendala selama patroli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.