Sukses

BMKG Deteksi Puluhan Titik Panas di Riau

Dia mengatakan, selain di Provinsi Riau, 6 provinsi lainnya di Sumatera juga terdapat titik panas.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru menyebutkan di Riau terpantau 23 hot spot atau titik panas berdasarkan pencatatan terakhir pada Jumat (30/7/2021) hingga pukul 23.00 WIB.

"Ada 23 titik panas tersebar di tujuh daerah di Riau, yakni Kabupaten Pelalawan 8 titik, Indragiri Hulu 6 titik, Kepulauan Meranti dan Siak 3 titik, serta Bengkalis, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu masing-masing 1 titik," kata prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna, di Pekanbaru, Sabtu (31/7/2021).

Dia mengatakan, selain di Provinsi Riau, 6 provinsi lainnya di Sumatera juga terdapat titik panas, yakni Bangka Belitung 71 titik, Sumatera Selatan 59 titik, Lampung 32 titik, Jambi 18 titik, Sumatera Barat 11 titik dan Bengkulu 6 titik.

"Sehingga, total titik api di Sumatera hari ini mencapai 220 titik panas," katanya seperti dikutip Antara.

Sebelumnya dikabarkan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di empat kabupaten dan kota di Provinsi Riau dan Kamis (29/7/2021) terpantau 148 titik panas di Riau, sebanyak 7 di antaranya titik api.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, mengatakandari 7 titik api itu tercatat 6 titik berada di Dumai tepatnya di Bukit Kapur dan satu titik lainnya berasal di Pujud, Kabupaten Rokan Hilir.

Satgas Karhutla Riau juga masih fokus melakukan pemadaman kebakaran lahan di Lubuk Gaung, Indragiri Hilir. Padahal kemarin sudah padam, tapi karena lahan gambut dan angin juga cukup kencang hari ini muncul lagi kebakaran di sana.

"BPBD Riau sudah mengirim satu helikopter untuk water bombing ke Bukit Kapur, Kota Dumai untuk memadamkan api," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temuan Titik Panas

Saat helikopter water bombing berangkat ke Dumai, katanya lagi, ditemukan firespot baru di Kandis, Kabupaten Siak. Dan sudah diturunkan helikopter ke sana, sehingga operasional helikopter dibagi satu ke Dumai, dan satu helikopter lainnya ke Kandis.

"Sedangkan untuk kebakaran di Pujud Kabupaten Rohil, kami juga sudah menurunkan Tim Satgas darat untuk melakukan pemadaman, jika memang membutuhkan water bombing maka akan diturunkan juga helikopter ke sana," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Titik Panas