Sukses

Helm Hanuang, Pengecek Suhu Tubuh Ala Polres Lampung Selatan

Sejauh ini, Helm Hanuang baru digunakan oleh petugas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Polres Lampung Selatan bakal melengkapi diri dengan Thermal Helmet selama menjalankan tugas. Pada tahap uji coba, helm pendeteksi suhu tubuh untuk sementara hanya dipakai oleh anggota yang bertugas di kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, memberikan nama Helm Hanuang. Edwin menjelaskan, helm ini mampu mendeteksi suhu tubuh dari jarak jauh sampai dengan 7 meter secara bersamaan, sehingga akan mengurangi kontak langsung antara petugas dengan masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

Nantinya, apabila ada masyarakat yang terdeteksi memiliki suhu lebih dari 37.5 derajat, maka langsung diarahkan untuk melakukan rapid test antigen.

"Betul, jika ada masyarakat yang terdeteksi bersuhu tubuh tinggi, maka diminta melakukan rapid test antigen. Meskipun yang bersangkutan telah mengatongi surat hasil negatif rapid antigen," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru dipakai polisi di Bakauheni

Edwin menerangkan, sejauh ini, Helm Hanuang baru digunakan oleh petugas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni. Namun, ke depan Edwin mengaku akan mengembangkan agar bisa dipakai oleh semua anggota yang bertugas di wilayah hukum Polres Lampung Selatan.

"Untuk saat ini baru di KSKP Bakauheni, ke depan akan kita gunakan diberbagai tempat di wilayah hukum kita," tandas Edwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.