Sukses

Kasus Covid-19 Menurun, Anies Minta Warga Jakarta Jangan Lengah dan Kendor Prokes

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kasus Covid-19 di Ibu Kota sudah mulai menurun. Meski demikian Anies meminta masyarakat tidak kendor dalam menjalankan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kasus Covid-19 di Ibu Kota sudah mulai menurun. Meski demikian Anies meminta masyarakat tidak kendor dalam menjalankan protokol kesehatan.

Anies menyebut lonjakan kasus berpotensi kembali terjadi bila masyarakat kendor dalam pelaksanaan Covid-19.

"Karena itu jangan kasih kendor, lengah jangan sampai momentum perbaikan ini berbalik karena kita buru-buru merasa senang, buru-buru merasa berhasil, lalu kita mulai berkegiatan bebas," kata Anies di YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Karena hal itu, dia meminta masyarakat untuk tetep disiplin prokes. Sebab saat ini penambahan kasus harian masih di atas seribu kasus dalam sehari.

"Ini masih tetap tinggi masih ada sekitar 3000 kasus baru setiap hari walaupun yang sembuh sudah jauh lebih banyak dan kita positivity ratenya 15 persen. Kita harus mencapai fase ideal dibawah 5 persen," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterisian RS Turun

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan tingkat keterisian kamar Rumah Sakit juga masih lumayan tinggi.

"Kita harus mencapai angka aman yaitu di bawah 60 persen, sampai saat ini masih sekitar 70an persen," ujarnya.

Sementara itu, tren keterisian RS turun menjadi 70 persen. Bahkan antrean di IGD juga sudah terurai.

"Posivity rate juga turun daah ini kita berada di kisaran 15 persen. Sementara di saat puncak puncak dulu kita pernah mencapai 45 persen," jelas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19