Anies Sebut 4,5 Juta Warga KTP DKI Jakarta Sudah Divaksinasi Covid-19

Oleh Ika Defianti pada 31 Jul 2021, 17:12 WIB
Diperbarui 31 Jul 2021, 17:12 WIB
FOTO: Jokowi Tinjau Vaksinasi COVID-19 Massal di Terminal Kampung Rambutan
Perbesar
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin (kanan) serta Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal pelaku transportasi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6/2021). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta warganya segera mengikuti vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

Menurut dia, DKI Jakarta dapat mencapai herd immunity atau kekebalan komunal jika 8,8 juta warganya telah divaksinasi Covid-19.

"Kita akan terus kerja, dan akan kerja cepat memastikan bahwa seluruh warga yang tinggal dan berkegiatan di Jakarta itu divaksin. Jadi, walaupun target 7,5 juta itu sudah tercapai, tapi kita tidak akan berhenti di titik ini, kita akan teruskan," kata Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021).

Lebih lanjut, Anies membeberkan, bahwa dari 7,5 juta dosis pertama vaksin di Jakarta, sekitar 4,5 juta lebih disuntikkan kepada warga dengan KTP DKI Jakarta. Sisanya, sekitar 3 juta adalah warga dengan KTP non-DKI Jakarta.

Lalu dari 3 juta orang tersebut, sekitar 1,3 juta di antaranya merupakan warga dengan KTP Jawa Barat dan sekitar 500 ribu warga ber-KTP Banten. Anies menyebut warga luar DKI yang ikut vaksinasi merupakan petugas publik yang bekerja di Ibu Kota.

"Mereka jumlahnya 1,6 juta orang. Jadi, cukup banyak petugas publik yang bekerja di Jakarta, tapi mereka memiliki KTP luar Jakarta," ucap dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Vaksinasi Turunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua Dimulai
Perbesar
Seorang wanita menjalani vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang di blok A, B, F, dan G. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengajak warga Ibu Kota untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kata Anies, berdasarkan data yang ada vaksinasi terbukti menurunkan risiko keparahan dan kematian akibat Covid.

"Data di Jakarta menunjukkan bahwa vaksinasi menurunkan risiko keparahan dan risiko kematian akibat Covid-19 secara signifikan, jadi penurunannya nyata sekali," kata Anies dalam YouTube Pemprov DKI Jakarta, Senin (26/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Terkendala Stok dan Birokrasi

Infografis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Terkendala Stok dan Birokrasi. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Terkendala Stok dan Birokrasi. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya