Sukses

Stok Vaksin Covid-19 di Aceh Besar Hanya Tersisa untuk Dosis Kedua

Vaksin covid-19 dosis kedua tidak bisa diberikan kepada masyarakat yang baru untuk dosis pertama.

Liputan6.com, Aceh - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Besar Anita menyatakan stok vaksin di daerahnya mulai menipis, saat ini hanya tersisa dosis untuk suntikan kedua, sementara untuk vaksin covid-19 dosis pertama sudah tidak tersedia lagi.

"Stok vaksin covid-19 kemarin masih kosong di kita. Kosongnya untuk penyuntikan pertama, tapi kami punya stok untuk yang suntikan dosis kedua," kata Anita, Jumat 30 Juli 2021.

Dia mengatakan, dosis yang dipersiapkan untuk penyuntikan kedua itu tidak bisa diberikan kepada masyarakat yang baru untuk dosis pertama. Karena dikhawatirkan tidak dapat memenuhi kebutuhan terhadap yang menjalani vaksin kedua.

Anita menyampaikan, kekosongan vaksin tahap pertama itu terjadi di semua puskesmas dan rumah sakit di Aceh Besar. Karena itu bagi masyarakat yang ingin mengikuti vaksin pertama, maka harus menunggu tibanya dosis baru.

"Di puskesmas kami tahan dulu untuk dosis pertama, tunggu vaksin yang baru. Nanti kalau kami berikan kepada pertama, tidak ada lagi vaksin untuk orang yang sampai waktunya untuk dosis kedua," ujarnya yang dikutip dari Antara.

Kadinkes belum bisa menyebutkan berapa jumlah pasti vaksin covid-19 dosis kedua yang tersisa saat ini. Hal itu karena proses penyuntikan masih berjalan.

"Jumlah tersisa pastinya belum tahu berapa. Karena setiap hari ada penyuntikan dan itu terus berkurang. Data kemarin dan hari ini belum bisa terhitung," katanya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Dibahas dengan Pemda

Terkait kekurangan ini, kata Anita, pihaknya sudah membahasnya dengan Pemerintah Aceh, dalam hal ini Sekda Aceh Taqwallah dan Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif. Pada pembicaraan itu disampaikan bahwa dosis vaksin akan segera diterima lagi.

"Kami sudah duduk, dan sementara untuk vaksin dosis pertama dihentikan dulu, sambil menunggu kedatangan dosis vaksin selanjutnya," demikian Anita.

Hingga Jumat (30/7) ini, berdasarkan data Dinas Kesehatan Aceh Besar, jumlah tenaga kesehatan yang sudah mengikuti vaksinasi sebanyak 2.760 atau 106 persen dari target 2.604 orang.

Sementara petugas publik yang sudah mengikuti vaksin baru 13.906 orang atau 33,7 persen dari total sasaran 38.781 orang.

Kemudian, vaksinasi terhadap kelompok lansia, katanya. sejauh ini masih rendah, yaitu 1.150 orang atau 3,6 persen dari target yang ditetapkan sebanyak 31.882 orang.

Menurut Anita, untuk masyarakat umum di Aceh Besar, dari sasaran 167.797 orang, yang baru menjalani vaksinasi tahap pertama hanya 12.734 orang atau sekitar 7,6 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.