BPIP soal Paskibraka Sulbar Gagal ke Jakarta: Tetap Tenang

Oleh Liputan6.com pada 30 Jul 2021, 23:02 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 23:02 WIB
Paskibraka Sulbar
Perbesar
Paskibra Sulbar, Arya Maulana Mulya dan Christina, bersama Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar. (Liputan6.com/Abdul Rajab Umar)

Liputan6.com, Jakarta Deputi Pengendalian dan Evaluasi, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina meminta semua pihak tetap tenang menyikapi apa yang terjadi dengan Kristina, calon Paskibraka Nasional 2021 asal Sulawesi Barat yang gagal ke Jakarta.

"BPIP mengharapkan agar semua pihak dapat tenang dalam menyelesaikan persoalan tersebut di atas dan lebih mengedepankan musyawarah dengan tetap berpegang teguh kepada hukum positif," kata Rima dalam keterangannya, Jumat (30/7/2021).

Di sisi lain, dia meminta calon Paskibraka lain tetap fokus dan menjalankan diklat untuk persiapan upacara peringatan hari Kemerdekaan RI.

"Dan bersiap untuk melaksanakan tugas pada upacara peringatan hari kemerdekaan RI, tetap patuh menjalankan protokol pencegahan Covid-19," tutur Rima.

Perlu diketahui, mulai tahun ini BPIP mendapat amanah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka.

Adapun pelaksanaan ini akan dilaksanakan bersama Kemenpora sejak tahapan perekrutan dan seleksi, hingga tahapan pengukuhan Paskibraka. Nantinya, mereka juga akan ditetapkan sebagai duta Pancasila.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sikap Kemenpora

Sebelumnya, Kristina dinyatakan positif Covid-19 saat melakukan swab test PCR pada Sabtu, 24 Juli 2021 atau satu hari sebelum keberangkatannya menuju Pusat Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka di Cibubur, Jakarta Timur.

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Asrorun Niam Sholeh menjelaskan, penetapan calon Paskibraka di tingkat nasional wakil provinsi menjadi kewenangan penuh provinsi, termasuk soal penggantianya.

"Penggantian Capasnas putri dari Sulawesi Barat atas nama Kristina kepada Anggie Fricillia Tamuntuan dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat dengan pertimbangan hasil swab test Kristina positif Covid-19," kata Asroun, Kamis 29 Juli 2021.

 

 

Reporter: Intan Umbari/Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya