Sukses

Infografis Pungli dan Korupsi Hantui Bansos Covid-19

Bantuan sosial atau bansos disalurkan pemerintah kepada masyarakat sebagai upaya mengurangi dampak pandemi Covid-19. Namun pungli dan korupsi menghantui.

Liputan6.com, Jakarta - Bantuan sosial atau bansos disalurkan pemerintah kepada masyarakat sebagai upaya mengurangi dampak pandemi Covid-19. Namun pungli dan korupsi menghantui.

Untuk mencegah praktik pungli dan korupsi, pemerintah berupaya memastikan bansos tepat sasaran. Distribusi pun dilakukan transparan.

Selain itu memperkuat monitoring dan pengawasan di lapangan. Lalu melibatkan petugas di tingkat RT/RW, desa/kelurahan untuk pengawasan.

Kemudian menguatkan pendamping sosial di masyarakat agar bisa bekerja independen dan profesional. Bagaimana mengantisipasi pungli dan korupsi dalam penyaluran bansos? Simak dalam rangkaian 3 Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporkan Pungli Bansos

3 dari 4 halaman

Jurus Cegah Korupsi Bansos

4 dari 4 halaman

Cara Cek dan Cairkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Pungli adalah singkatan dari pungutan liar.

    Pungli

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Infografis

  • Bansos Covid-19