Sukses

Jokowi: Tanpa Terprediksi Muncul Varian Delta, Ekonomi Kita dan Dunia Terguncang

Jokowi mengakui, varian delta membawa dampak besar tidak hanya pada peningkatan kasus melainkan juga ekonomi Indonesia, bahkan menguncang ekonomi dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kasus Covid-19 dan kondisi ekonomi sempat membaik pada awal tahun 2021. Namun, tanpa terprediksi munculnya varian delta membuat penyebaran corona sangat cepat meningkat.

"Di Januari, Februari, Maret, April, Mei kondisi dari Covid-nya, coronanya sudah mulai turun-turun. Kalau corona turun ekonomi pasti naik-naik, sudah kelihatan itu sebetulnya. Tetapi tanpa terprediksi muncul yang namanya varian delta," ujar Jokowi saat pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka, Jumat (30/7/2021).

Jokowi mengakui, varian delta membawa dampak besar tidak hanya pada peningkatan kasus melainkan juga ekonomi Indonesia, bahkan menguncang ekonomi dunia.

"Varian jenis baru dari corona, dia muncul di seluruh negara, di dunia. Sehingga ekonomi global pun juga kita juga sama, virus Delta ini muncul juga langsung kasus positif menjadi naik secara drastis," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan PPKM Darurat

Adanya varian Delta itulah yang membuat Jokowi mengambil langkah penerapan PPKM darurat. Ia mengklaim saat ini adanya PPKM membuat penularan menurun.

"Tidak ada jalan lain saat itu. Di Pulau Jawa dan Bali kita lihat titik-titik semua merah, tidak ada yang kuning. Sehingga keputusan yang sangat berat dengan PPKM Darurat karena tidak ada cara yang lain secara itu, melompat kasusnya. Dan alhamdulillah, paling tidak bisa kita rem,” tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19