Sukses

Satgas Minta Penanganan Covid-19 Tak Sepenuhnya Diserahkan Pemerintah, Masyarakat Perlu Jaga Perilaku

Masyarakat penting menjaga perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan. Cara ini mesti dilakukan untuk memutus penularan virus.

Liputan6.com, Jakarta -

Kasubbid Tracing Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 dr Koesmedi Priharto meminta masyarakat menjaga perilaku agar penularan Covid-19 menurun. Sebab, virus asal Wuhan itu menular lewat manusia.

"Pada SARS-Cov-2 ini medianya antar manusia, sehingga kalau kita ingin memutuskan gak bisa kan kita menghilangkan manusianya, jadi semuanya sangat bergantung pada perilaku kita dalam menjaga penularan itu," katanya lewat diskusi virtual Hidup Berdampingan Dengan Covid-19, Kamis (29/7/2021).

Mantan Kadinkes DKI ini menyebut, masyarakat penting menjaga perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan. Cara ini mesti dilakukan untuk memutus penularan virus.

"Kalau perilaku kita baik maka angkanya akan turun, ketika perilaku kita buruk untuk tidak bisa menjaga dengan baik mencegah cara penularannya maka angkanya angka naik, itu harus dipahami masyarakat," imbuhnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Dukungan Masyarakat

Menurut Koesmedi, pemerintah sudah berupaya maksimal menangani pandemi Covid-19. Maka, masyarakat harus bekerja sama dengan menjaga perilaku.

"Jangan semuanya diserahkan kepada pemerintah, pemerintah sudah banyak berbuat kepada hal tersebut, tetapi yang jadi masalah bagaimana masyarakat menyikapi penularan antara orang ke orang tersebut," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.