Sukses

PDI Perjuangan Akan Gelar Pelatihan Asisten Nakes

PDIP berinisiatif melaksanakan pelatihan para asisten nakes tersebut mulai 3 Agustus 2021, yang pesertanya paling tidak lulusan SMK Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta DPP PDI Perjuangan menggelar pelatihan asisten tenaga kesehatan (asisten nakes) di Gedung Sekolah Partai yang terletak di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak, Sri Rahayu mengatakan situasi pandemi covid-19 saat ini menyadarkan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak asisten nakes.

Karena data menunjukkan bahwa rasio nakes di Indonesia dibanding jumlah penduduk adalah nomor dua terendah se-Asia Tenggara.

"Saat ini, untuk yang paling mudah kita lihat adalah bagaimana kita butuh petugas sebagai asisten nakes untuk membantu penyuluhan, vaksinasi, dan swab. Ini penting supaya testing-tracing-dan treatment bisa berjalan baik," kata Sri Rahayu pada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya PDIP berinisiatif melaksanakan pelatihan para asisten nakes tersebut mulai 3 Agustus 2021, yang pesertanya paling tidak lulusan SMK Kesehatan.

"Minggu depan akan diadakan pelatihan asisten tenaga kesehatan. Bagi kita, kesehatan ini sangat penting. Dan tidak ada kata terlambat di dalam penanganan pandemi Covid 19," tegas Sri Rahayu.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana, Ribka Tjiptaning, menjelaskan bahwa selama ini eks kantor pusat PDIP yang kini menjadi Sekolah Partai memang sudah memiliki fungsi sosial.

Selain sebagai salah satu lokasi berbagai peralatan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, sebuah klinik juga sudah beroperasi. 

"Ada dokter yang bertugas. Setiap hari puluhan warga berobat dan dilayani di sana," kata Ribka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurikulum Sekolah Nakes

Ribka menambahkan, bahwa pelatihan asisten tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan oleh PDIP ini menjadi bagian dari berbagai kegiatan partai di masa pandemi covid-19 ini.

Selain itu, partai juga terus mengintensifkan dapur-dapur umum di seluruh wilayah Indonesia untuk membantu logostik, khususnya bagi warga yang mengalami isolasi mandiri.

"Ini sejalan dengan perintah Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, yang terus memantau dan memberi arahan agar kader partai terus menghadirkan wajah kemanusiaan, turun di tengah rakyat dan membantu yang kesusahan," kata Ribka.

Selain itu, PDIP juga berkomitmen membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi covid-19. Para kader dan pengurus partai di berbagai wilayah Indonesia diinstruksikan untuk melaksanakannya.

Harapannya sesuai target pemerintah, yakni kekebalan komunitas bisa tercapai sehingga aktivitas sosial dan ekonomi bisa semakin dilonggarkan.

"Kurikulum sekolah asisten nakes tersebut diambil dari best practices penangganan Covid. Termasuk bagaimana dukungan keluarga, bagaimana hasil empiris berupa best pratices penyembuhan pasien Covid oleh dokter berpengalaman hingga makanan apa yang paling tepat bagi penderita Covid," ujar Ribka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.