Waspada Penipuan Satgas Pungli Catut Nama KPK di Kalimantan Barat

Oleh Fachrur Rozie pada 29 Jul 2021, 13:25 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 13:25 WIB
Ilustrasi KPK
Perbesar
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat untuk waspada terhadap dugaan penipuan mengatasnamakan lembaga antirasuah. KPK menerima informasi tentang adanya penipuan yang dilakukan oknum mengatasnamakan KPK.

"KPK menerima informasi tentang adanya pihak yang mengaku berafiliasi dan bekerja sama dengan KPK dengan mengatasnamakan Satgas Pungli dari Lembaga Aliansi Indonesia," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Ali mengatakan, kejadian dugaan penipuan itu terjadi di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ali berharap masyarakat tetap waspada lantaran tak menutup kemungkinan aksi tersebut bisa terjadi di daerah lain di Indonesia.

"Salah satu informasi yang kami terima, pihak tersebut melakukan aksinya di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Serta tidak menutup kemungkinan aksi serupa juga bisa terjadi di daerah lain," kata Ali.

Atas dasar tersebut, Ali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan pihak yang mengaku bekerjasama dengan KPK dan mencantumkan logo KPK pada atribut atau produknya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selalu Waspada

Ali memastikan, banyak lembaga yang memiliki nama mirip dengan lembaga antirasuah. Namun Ali memastikan lembaga tersebut tidak memiliki hubungan kerjasama dengan KPK.

"KPK mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan bila mendapatkan informasi sejenis, dapat mengkonfirmasi melalui call center 198 atau e-mail 198@kpk.go.id dan informasi@kpk.go.id," Ali menandasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya