Sukses

Waspada Penipuan Satgas Pungli Catut Nama KPK di Kalimantan Barat

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat untuk waspada terhadap dugaan penipuan mengatasnamakan lembaga antirasuah.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat untuk waspada terhadap dugaan penipuan mengatasnamakan lembaga antirasuah. KPK menerima informasi tentang adanya penipuan yang dilakukan oknum mengatasnamakan KPK.

"KPK menerima informasi tentang adanya pihak yang mengaku berafiliasi dan bekerja sama dengan KPK dengan mengatasnamakan Satgas Pungli dari Lembaga Aliansi Indonesia," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Ali mengatakan, kejadian dugaan penipuan itu terjadi di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Ali berharap masyarakat tetap waspada lantaran tak menutup kemungkinan aksi tersebut bisa terjadi di daerah lain di Indonesia.

"Salah satu informasi yang kami terima, pihak tersebut melakukan aksinya di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Serta tidak menutup kemungkinan aksi serupa juga bisa terjadi di daerah lain," kata Ali.

Atas dasar tersebut, Ali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan pihak yang mengaku bekerjasama dengan KPK dan mencantumkan logo KPK pada atribut atau produknya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu Waspada

Ali memastikan, banyak lembaga yang memiliki nama mirip dengan lembaga antirasuah. Namun Ali memastikan lembaga tersebut tidak memiliki hubungan kerjasama dengan KPK.

"KPK mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan bila mendapatkan informasi sejenis, dapat mengkonfirmasi melalui call center 198 atau e-mail 198@kpk.go.id dan informasi@kpk.go.id," Ali menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK