Sukses

Risma Gandeng Karang Taruna Bantu Bagikan Vitamin ke Masyarakat

Kementerian Sosial (Kemensos) menggandeng Karang Taruna untuk membagikan vitamin serta masker ke seluruh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) menggandeng Karang Taruna untuk membagikan vitamin serta masker ke seluruh masyarakat. Hal itu sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini telah menerima surat dari Karang Taruna yang merasa terpanggil untuk bersinergi dan ambil bagian dalam kegiatan terkait penanganan Covid-19 melalui berbagai program yang dilakukan Kementerian Sosial. 

"Kami akan mendistribusikan masker dan vitamin kepada seluruh Karang Taruna di Indonesia. Saya mohon Karang Taruna membantu mendistribusikan kepada masyarakat di daerah masing-masing,” ujar Risma saat melakukan pertemuan virtual dengan 514 Karang Taruna Kab/Kota di seluruh tanah air, Rabu (28/07/2021). 

Ia menekankan, dalam pendistribusian masker dan vitamin Karang Taruna harus mendahulukan masyarakat yang tidak mampu. Juga, Mensos tidak merekomendasikan karang taruna mendistribusikan langsung di perempatan jalan, melainkan per kecamatan karena selain tidak sehat dan juga dapat menimbulkan kerumunan masyarakat. 

"Tidak mudah sekarang ini mencari vitamin, tapi kami akan berupaya semaksimal mungkin dan untuk memudahkan pendistribusian vitamin dan masker oleh karang taruna maka akan kami usahakan sudah dalam bentuk dikemas," ujarnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Distribusi Masker dan Vitamin

Guna mempercepat pendistribusian masker dan vitamin, Kementerian Sosial akan mengirimkan melalui alamat sekretariat-sekretariat Karang Taruna, namun jika tidak ada alternatif lain melalui Dinas Sosial (Dinsos) di setiap daerah. 

“Pengiriman melalui Dinsos saya berharap tidak ada masalah. Jadi, kita memberikan peranan bagi anak-anak muda kita supaya mereka bisa berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara yang memang sedang membutuhkan semangat gotong royong dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini," ungkap dia.

Karang Taruna di seluruh Indonesia diberikan tugas untuk mendistribusikan masker dan vitamin. Sedangkan untuk bantuan sembako sudah dilakukan melalui berbagai program Kementerian Sosial yang lainnya. 

“Saya minta bantuan kepada anak-anak muda karang taruna dalam pendistribusian masker dan vitamin, jika mendapati di lapangan ada penerima PKH, BPNT dan BST yang tidak mendapatkan beras agar membantu melaporkan kepada kami,” pintanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.