Sukses

Ketua DPR Minta Pemerintah Tak Menurunkan Jumlah Testing Harian Covid-19

Menurut Ketua DPR Puan Maharani, testing Covid-19 bukan hanya harus ditingkatkan secara nasional, tetapi perlu dimonitor per daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk tidak memperkecil kapasitas testing kasus Covid-19. Hal itu demi membangun kepercayaan masyarakat akan kemampuan pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Pasalnya beberapa hari ini, pascalonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air pada pertengahan Juli 2021, tren kasus mulai menurun. Jangan sampai masyarakat menganggap tren penurunan ini lantaran menurunnya angka testing di lapangan.

"Kalau jumlah kasus harian turun, tapi jumlah testing turun, masyarakat mungkin akan bilang 'ah kasus turun karena testingnya diturunkan'. Pandangan-pandangan seperti ini sebisa mungkin diantisipasi pemerintah agar tidak menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam menangani pandemi," kata Puan dalam keterangan tulis yang diterima pada Rabu (28/7/2021).

Menurut dia, testing justru harus ditingkatkan, bukan malah diturunkan. Apalagi, lanjut Puan, penurunan jumlah testing di bawah standar yang berlaku.

Menurut Puan, testing Covid-19 bukan hanya harus ditingkatkan secara nasional, tetapi perlu dimonitor per daerah.

"Target testing harus lebih besar untuk daerah level 4 dan zona merah," kata mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Jadi Bom Waktu

Puan menjelaskan, monitoring data testing per daerah ini penting sebagai dasar pengambilan kebijakan buka-tutup per daerah ke depannya.

"Sebaliknya jika testing kurang, dan banyak jumlah kasus yang tidak terungkap, ini bisa menjadi bom waktu di kemudian hari," kata Puan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.