Sukses

Mensos Risma Ingatkan Gotong Royong Bantu Pasien Covid-19 Jalani Isoman

Risma yang juga Ketua DPP PDIP ini mengingatkan agar warga semakin meningkatkan gotong royong terlebih membantu pasien Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma yang juga Ketua DPP PDIP ini mengingatkan agar warga semakin meningkatkan gotong royong terlebih membantu pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Hal ini disampaikannya saat meninjau dapur gotong royong yang dikelola DPC PDIP Jakarta Timur di Jalan Otista III, Senin (26/7/2021) sore.

Menurut dia, dengan menyediakan makanan bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman itu juga membantu agar tak terjadi penularan virus Corona.

"Kalau kita memberikan makanan ini maka sebetulnya yang paling utama adalah mereka tidak menulari orang lain. Kalau kita memberikan ini, jadi bukan hanya memberikan sekedar makanan dan terus kenyang, terus dia sehat. Tapi mereka sadar, kemudian melakukan isolasi," kata Risma.

Dia pun menuturkan, jangan sampai pasien Covid-19 yang menjalani isoman terpaksa keluar rumah hanya karena ingin mencari makan. "Bayangkan dia mau melakukan isoman, dia tidak beli keluar luar, sehingga dia tidak menulari orang lain. Itu yang paling penting menurut saya," ungkap mantan Wali Kota Surabaya ini.

Adapun dalam kunjungannya ke DPC PDIP Jaktim, dia melihat lokasi dapur dan pengemasan makanan yang disediakan partai berlambang banteng bermoncong putih itu untuk pasien Covid-19 yang menjalani isoman.

Semuanya dilakukan oleh para relawan. Sejumlah petugas ojek online tampak menunggu untuk menjemput pesanan paket makanan untuk pasien isoman yang memesan.

Dapur umum PDIP untuk semua wilayah Jakarta dilksanakan oleh pengurus DPC di masing-masing wilayah.

"Saya tahu ini capek karena saya berpengalaman buat dapur umum ini sangat capek sekali, tapi kita harus ingat bahwa saudara-saudara kita memang masih banyak yang membutuhkan bantuan dan pertolongan kita. Obatnya capeknya itu saat mereka senang mendapatkan makanan ini," kata Risma.

"Mudah-mudahan terus semangat, tidak capek, dan tidak lelah, terus bergotong-royong dan semakin kompak untuk menolong orang lain," sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Ratusan

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Jaktim Dwi Sambodo mengatakan, setiap hari pihaknya menyiapkan 200-400 paket makanan isoman untuk didistribusikan.

"Jumlahnya tergantung pada pengajuan dari kasyarakat, tergantung jumlah yng sedang isoman," kata Dwi.

Warga yang membutuhkan makanan bisa mendaftarkan diri lewat situs yang sudah disiapkan yakni http://bit.ly/DaftarDapurUmumPDIPJaktim. Begitu didaftar, tim dapur umum PDIP akan bekerja dari menyiapkan makanan, hingga mengantarnya. Biaya distribusi sepenuhnya ditanggung.

Dwi menambahkan, kunjungan Risma memberi makna yang dalam bagi masyarakat Jakarta Timur, khususnya relawan dan kader PDIP Jakarta Timur.

"Terima kasih atas kunjungan dan masukan yang berarti buat perbaikan di masa datang. Secara khusus pengingatan tentang higienitas makanan yang distribusikan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.